Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Pameran Kuliner Betawi Tempo Dulu Siap Digelar

Jumat 21 Jun 2019 05:40 WIB

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Gita Amanda

eorang anak membeli kerak telor di booth kerak telor pada acara pentas seni budaya dan kuliner betawi di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Ahad (15/10).

eorang anak membeli kerak telor di booth kerak telor pada acara pentas seni budaya dan kuliner betawi di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Ahad (15/10).

Foto: Republika/Darmawan
Pameran Kuliner Betawi digelar untuk memeriahkan HUT Jakarta dan melestarikan budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB), Syaiful Amri, menjelaskan tanggal 23 Juni 2019 UPK PBB akan menggelar Pameran Kuliner Betawi. Acara tersebut ditujukan untuk memeriahkan HUT ke-492 DKI Jakarta.

"Nanti tanggal 23 Juni akan ada Pameran Kuliner Betawi. Akan ada beberapa kuliner khas Betawi yang ditampilkan, kayak Sayur Babanci dan Sayur Besan juga ada," ujar Syaiful kepada Republika.co.id, Kamis (20/6) lalu.

Syaiful menegaskan, hal itu merupakan salah satu upaya melestarikan Budaya Betawi. Ia menolak jika kuliner khas Betawi dianggap hilang. "Kalau dinilai surut ya, nggak juga sebenarnya. Soalnya bahan bakunya juga mulai jarang," tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) Pelayanan Informasi dan Edukasi UPK PBB, Bayu Permana menuturkan, acara pameran tersebut akan digelar mulai pukul 09.00 WIB hingga sore hari. Acara akan bertempat di sekitar kantor UPK PBB Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Rencananya akan dibuka oleh Ibu Fery Farhati Ganis (istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan). Akan hadir pula Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta, Ibu Rusmiati Saefullah (istri dari Sekda DKI Jakarta, Saefullah)," kata Bayu kepada Republika.co.id.

Kemudian, selain pameran kuliner, acara tersebut akan diramaikan dengan berbagai macam pertunjukan seni, seperti Palang Pintu, Tanjidor, Gambus dan lain-lain. "Mulai malam Ahad atau Sabtu (22/6) setelah Maghrib akan ada Komedi Betawi," ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA