Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

Lima Momen tak Terlupakan Saat Sarri Jadi Pelatih Chelsea

Jumat 21 Jun 2019 03:43 WIB

Red: Bayu Hermawan

Maurizio Sarri

Maurizio Sarri

Foto: Andreas Hillergren / TT via AP
Sarri resmi meninggalkan Chelsea untuk bergabung dengan Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maurizio Sarri resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Juventus. Sarri memutuskan mengakhiri kontraknya lebih cepat di Chelsea, dan meninggalkan kompetisi Liga Primer Inggris, untuk kembali ke Italia.

Meski hanya satu musim, Sarri mampu membawa Chelsea melaju ke dua final di kompetisi lokal dan tingkat Eropa. Dikutip dari Fantasy Sport, berikut lima moment yang tak terlupakan saat Sarri menjadi pelatih the Blues:

Semifinal Liga Eropa melawan Frankfurt

Posisi Sarri di Chelsea jelang akhir musim kompetisi mendapat sorotan. Pasalnya, pelatih asal Italia itu dinilai tak mampu membawa Chelsea menjadi tim pesaing untuk trofi Liga Primer Inggris.

Di tengah sorotan itu, Sarri harus memimpin Chelsea menjalani laga semifinal Liga Eropa melawan Frankfurt. Kompetisi ini menjadi satu-satunya harapan Chelsea untuk mendapatkan trofi.

Sorotan kepada Sarri semakin besar, setelah Chelsea gagal meraih kemenangan pada leg pertama, dan hanya bermain 1-1 melawan Frankfurt di Jerman. Tekanan pun semakin besar, setelah Chelsea juga bermain imbang 1-1 di waktu normal dalam leg kedua di Stamford Bridge.

Sarri akhirnya bisa bernapas lega, setelah Chelsea menang melalui babak adu penalti dan melaju ke final.

Huddersfield 0-3 Chelsea

Pertandingan melawan Huddersfield menandai kiprah Sarri di kompetisi Liga Primer Inggris. Sarri memulai dengan baik debutnya, setelah Chelsea mampu mengasak Hudderfield dengan skor 3-0.

Kemenangan ini sementara membuat para pendukung Chelsea melupakan Antonio Conte, yang merupakan pelatih sebelumnya. Penampilan the Blues juga menuai pujian karena menampilkan permainan yang menarik.

"Sarri-ball" menjadi julukan untuk gaya permainan Chelsea di awal musim lalu. Sarri juga mampu membawa Chelsea tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan pertama mereka, dan membangkitkan harapan para pendukung jika kubu Stamford Bridge mampu menjadi juara Liga Primer Inggris.

Manchester City 6-0 Chelsea

Setelah mengawali musim dengan manis, masa sulit bagi Sarri pun akhirnya datang. Chelsea harus merasakan kekalahan telak pada awal Februari dari City.

Bertandang ke Stadion Etihad, "Sarri-ball" gagal total. Chelsea bahkan harus kebobolan empat gol dalam waktu 30 menit saja di babak pertama saat melawan City. Sebelum dua gol tambahan City semakin membuat Chelsea menderita di babak kedua.

Sarri Vs Kepa Arrizabalaga

Sarri merasakan laga final pertamanya bersama Chelsea dalam ajang Piala Carabao. Namun, bukan kenangan manis yang didapat oleh Sarri dalam partai final tersebut.

Selain harus kalah dari Manchester City lewat drama adu penalti, Sarri pun dibuat kesal oleh kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga.

Berawal saat Kepa terjatuh dan terlihat kesakitan. Sarri yang tak ingin hal itu mempengaruhi performa Chelsea kemudian berinisiatif menarik Kepa.

Namun, sang penjaga gawang menolak, meski assisten wasit telah mengangkat nomor tanda pergantian pemain di pinggir lapangan. Hal ini membuat Sarri emosi.

Mantan pelatih Napoli itu tertangkap kamera marah-marah di depan bangku pemain cadangan Chelsea. Sarri yang emosi kemudian meninggalkan lapangan dan berjalan menuju lorong pemain.

Chelsea memenangkan Final Liga Eropa

Prestasi puncak Sarri di Stamford Bridge adalah trofi Liga Eropa. Chelsea brilian dalam kompetisi dan hanya bermasalah di semifinal oleh Jerman Eintracht Frankfurt.

The Blues secara mengejutkan melangkah menuju kemenangan melawan Arsenal di final, 4-1, untuk mengangkat trofi Liga Europa kedua mereka. Dua gol dari Hazard memastikan trofi dan akhir bagi manajer di Stamford Bridge.

Trofi Liga Eropa juga menjadi trofi internasional pertama Sarri selama berkarir sebagai pelatih.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA