Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Sambut HUT Jakarta, Terowongan Jalan Kendal Dihias Mural

Kamis 20 Jun 2019 19:32 WIB

Red: Indira Rezkisari

Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta menyelesaikan pembuatan mural di terowongan Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Pembuatan mural tersebut dalam rangka untuk menyemarakan HUT DKI Jakarta ke-492.

Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta menyelesaikan pembuatan mural di terowongan Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Pembuatan mural tersebut dalam rangka untuk menyemarakan HUT DKI Jakarta ke-492.

Foto: Antara
Mural Terowongan Jalan Kendal bertemakan Wajah Baru Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terowongan Jalan Kendal yang merupakan jalur pendestrian mulai dimural untuk menyambut HUT ke-492 DKI Jakarta. Mural Jalan Kendal melibatkan berbagai komunitas berdasarkan profesinya.

"Program mural ini salah satunya untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke-492, tapi sebenarnya semangatnya adalah melibatkan komunitas untuk mempercantik kota gitu kira-kira," kata Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Pemprov DKI Jakarta Hendriana Werdhaningsih di Jakarta, Kamis (20/6).

Hendriana mengatakan bahwa mural tersebut melibatkan berbagai komunitas berdasarkan profesinya. Salah satunya Imural yang spesialis membuat mural serta mahasiswa dari perguruan tinggi dalam bidang komunikasi visual.

"Diharapkan semua masyarakat yang ahli dalam bidang tersebut bisa lebih ikut terlibat yakarena pemerintah kan hanya memberikan wadah atau ruang untuk berekspresi ya," ujarnya.

Alumni Fakultas Seni Rupa dan Desain itu menambahkan bahwa di lokasi tersebut tidak hanya mural, tapi akan ada pertunjukan seni lainnya agar terlihat lebih hidup dan lebih meriah.

Seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta yang juga seniman mural, Marcella mengatakan bahwa mural yang dibuat berdasarkan tema yang telah ditentukan. Yaitu Wajah Baru Jakarta.

"Gambar yang kita buat sih sesuai tema yang sudah dikasih, yaitu Wajah Baru Jakarta," kata Marcella.

Marcella mengatakan, untuk membuat mural melibatkan sepuluh orang mahasiswa. Sedangkan untuk waktu pengerjaannya, mahasiswa semester II itu mengatakan mulai bekerja dari usai kuliah hingga pukul 10 malam.

"Buat kerja biasanya kita mulai dari selesai kuliah sampai jam sepuluh malam, dan target selesai kalau tidak Sabtu ya Ahad karena Senin udah UTS," ujarnya.

Meskipun harus pulang larut malam, Marcella merasa senang dan puas dalam keterlibatannya dalam proses pembuatan mural di Jalan Kendal tersebut. "Terlibat dalam pembuatan mural ini puas dan senang sih apa lagi kalau dilihat banyak orang dan semua berfoto pakai latar belakang gambar kita, kayak buat tempat wisata baru saja," ujar Marcella.

Selain itu, dia berharap pada HUT ini Jakarta lebih bagus dan makin indah. "Harapannya semoga Jakarta lebih bersih lebih bagus dan orangnya tidak mengotori tembok dan menjaga fasilitas yang sudah ada," kata Marcella.



Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA