Rabu 19 Jun 2019 18:54 WIB

Unair Masuk Peringkat 5 Besar Indonesia Versi QS

Ada 9 perguruan tinggi Indonesia yang masuk katagori top 1.000 kampus terbaik dunia

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
Foto: Ist
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Lembaga perankingan perguruan tinggi dunia QS World University Rankings (QS WUR) merilis hasil ranking terbaru kampus-kampus di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hasilnya, terdapat sembilan perguruan tinggi Indonesia yang masuk katagori top 1.000 kampus terbaik dunia. Universitas Airlangga berada di lima besar kampus terbaik di Indonesia.

Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih mengungkapkan, sembilan perguruan tinggi Indonesia yang masuk top 1.000 dunia. Peringkat paling tinggi yaitu Universitas Indonesia. Kemudian Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Unair, Universitas Padjajaran, Bina Nusantara University (BINUS), Universitas Diponegoro (Undip), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

"Unair mengalami lompatan yang luar biasa. Dari peringkat sebelumnya di angka #751-800, Unair naik di angka #651-700. Bagi Unair, peningkatan rangking itu adalah capaian tertinggi sejak tahun 2014," kata Nasih di Surabaya, Rabu (19/6).

Nasih menjelaskan, ada sejumlah indikator utama yang masuk dalam jajaran 500 terbaik dunia itu. Indikator pertama adalah employer reputation. Pada indikator tersebut, Unair masuk 393 top dunia. Penilaian itu dilihat dari relevansi pendidikan dengan dunia kerja.

"Termasuk berkaitan dengan lulusan Unair yang diakui berkontribusi di berbagai macam organisasi. Kaitan itu, penilaian didasarkan pada stakeholder pengguna lulusan Unair," ujar Nasih.

Indikator kedua, lanjut Nasih, adalah masalah kualitas pendidikan atau academic reputation. Dalam indikator tersebut, Unair masuk top 401 dunia. Menurutnya, itu menunujukkan kualitas pendidikan Unair diakui orang di seluruh dunia.

"Empat indikator Unair yang mengalami peningkatan adalah Employer Reputation (peringkat 393), Academic Reputation (peringkat 401), Faculty Student (peringkat 458); dan International Faculty (peringkat 601+)" ujar Nasih.

Nasih berterima kasih pada semua pihak atas kerja sama yang telah dijalankan. Sebagai bagian dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia, lanjut Nasih, Universitas Airlangga mengemban tugas untuk terus meningkatkan kapasitas dan kualitas.

"Teruama untuk mewujudkan misi visinya menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka, dan menjadi pelopor masuk Top 500 World University Rangking," kata Nasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement