Selasa 18 Jun 2019 16:45 WIB

Sulsel Buka Jalur Prestasi PPDB untuk Hafiz

Calon peserta didik yang hafal minimal 10 juz Alquran bisa masuk jalur prestasi.

Membaca Alquran. Ilustrasi
Foto: Reuters
Membaca Alquran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan membuka jalur prestasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 bagi murid-murid penghafal Alquran atau hafiz. Kuota untuk jalur tersebut sebanyak lima persen

Ketua Panitia PPDB Sulawesi Selatan Sabri menyatakan calon peserta didik yang hafal minimal 10 juz Alquran bisa masuk jalur prestasi. "Minimal 10 juz dan harus ada keterangan dari lembaga terkait, kan ini termasuk prestasi dunia akhirat," kata Sabri.

Kebijakan tersebut diterapkan di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan dalam upaya memotivasi siswa menghafal Alquran sekaligus membangun karakter pelajar.

"Jadi selanjutnya mereka sudah tahu bahwa ada jalur seperti ini untuk calon siswa SMA/SMK. Lebih spesialnya mereka bisa memilih sekolah mana yang diinginkan," kata Sabri.

Siswa penghafal Alquran bisa mendaftarkan diri lewat situsppdbsulsel.epanrita.net. Sementara itu, Kepala SMA 11 Makassar Dra Masyita sudah mengetahui penerapan kebijakan siswa hafiz dalam PPDB tahun ini.

"Yang penting adalah lembaganya, dalam artian mengantongi surat keterangan penghafal Alquran karena kami juga harus punya acuan tertulis," katanya.

Ia pun menambahkan surat bukti hafal Alquran dari lembaga terkait bisa dilampirkan bersama berkas pendaftaran. "Jadi semisal siswa tersebut menghafalnya di masjid, pihak masjid yang memberikan tanda tangan dalam surat keterangan hafalannya," kata mantan Kepala SMA 2 Makassar itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement