Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

Kamis, 8 Rabiul Akhir 1441 / 05 Desember 2019

My Little Pony Perkenalkan Karakter Lesbian

Jumat 14 Jun 2019 10:31 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

My Little Pony: The Movie.

My Little Pony: The Movie.

Foto: Lionsgate
My Little Pony memperkenalkan karakter lesbian dalam episode The Last Crusade.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Orang tua yang menganggap film animasi animasi My Little Pony: Friendship is Magic netral sebaiknya memikirkan ulang persepsinya. Dalam episode  yang berjudul “The Last Crusade”,  My Little Pony: Friendship is Magic memperkenalkan pasangan lesbian yang merawat karakter Scootaloo, Aunt Holiday dan Auntie Lofty

Kartun ini sudah mengudara di Eropa dan akan tayang di Amerika Serikat pada Sabtu (15/6) di Discovery Family. Co-showrunner Nicole Dubuc berpendapat itu adalah hal luar biasa serta benar-benar mendefinisikan keluarga sebagai cinta.

Sedangkan penulis dan produser Michael Vogel mengatakan dirinya dan Dubuc berpikir ini adalah kesempatan besar untuk secara organik memperkenalkan pasangan LGBTQ dalam seri My Little Pony.

My Little Pony, menurut Vogel, selalu bercerita tentang persahabatan dan menerima orang atau kuda poni yang berbeda dari yang lain. Ia berpendapat, memuat karakter lesbian pun terasa seperti sesuatu yang penting untuk dilakukan. Pihak Vogel mengajukan ide itu dan Hasbro Studios dan mereka menyetujuinya.

“Dengan (co-showrunner) Josh (Haber) dan Nicole menjalankan musim terakhir bersama, itu adalah sesuatu yang ingin kami semua lakukan. (Yakni) membawa pasangan ini ke musim terakhir dan menjadikan mereka ‘secara resmi’ sebagai bagian dari dunia My Little Pony,” kata Vogel, seperti yang dilansir dari People, Jumat (14/6).

My Little Pony: Friendship Is Magic atau MLP: FIM merupakan sebuah serial animasi keluarga Amerika Serikat (AS). MLP: FIM diproduksi oleh Hasbro Studios untuk skrip cerita dan di studio DHX Media yang terletak di Vancouver. Animasi ini merupakan bentuk pengembangan dari generasi sebelumnya sejak dari 1983.

Kartun ini mengisahkan tentang para kuda poni yang mempunyai jenis berbeda-beda. Mereka digolongkan menjadi empat golongan, yaitu kuda poni pegasus, bumi, unicorn, dan alicorn.

Mereka mempunyai tanda khusus di tubuhnya yang disebut tanda istimewa. Tanda itu menjadi simbol bagi kuda poni berdasarkan minat, bakat, kegemaran, dan kesukaan mereka. Aunt Holiday dan Auntie Lofty muncul dalam sebuah buku pada 2017.

Karakter LGBTQ semakin marak diperkenalkan di tayangan anak-anak. Cartoon Network, saluran TV yang disaksikan jutaan anak, lewat cicitannya di Twitter mempromosikan Juni sebagai bulan kebanggaan LGBT dengan menggunakan karakter Powerpuff Girl untuk mendorong para penggemar agar "berdiri dengan bangga".

Seperti diberitakan Christianpost pada Selasa (11/6), Cartoon Network bukan cuma menggunakan Twitter untuk mempromosikan LGBT. Karakter kartun dan barang-barang di online shop-nya pun membawa misi serupa. Hal tersebut diprotes oleh banyak orang tua yang keberatan dengan dimasukkannya agenda yang bertentangan dengan kepercayaan mereka tentang seksualitas dan pernikahan dalam acara TV anak.

Dilansir the Guardian, bulan Mei lalu, Alabama Public Television di AS memutuskan tak menayangkan serial Arthur episode "Mr Ratburn and the Special Someone" yang memuat adegan pernikahan sesama jenis. Stasiun TV tersebut menanggap tayangan pernikahan gay antarkarakter kartun hewan itu tidak sesuai untuk pemirsa ciliknya.

"Orang tua telah mempercayai TV Publik Alabama lebih dari 50 tahun untuk menyuguhkan program anak yang menghibur, mendidik, dan menginspirasi. Lebih dari itu -- meskipun kami sangat menganjurkan orang tua untuk mendampingi anaknya saat menonton TV dan mendiskusikan apa yang mereka bisa pelajari setelah menonton -- banyak orang tua yang meyakini bahwa buah hatinya bisa menonton siaran kami tanpa pendampingan. Kami juga sadar bahwa anak-anak yang lebih muda daripada 'target' pemirsa Arthur juga menonton program itu," ungkap Direktur Program Alabama Public TV, Mike McKenzie.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA