Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Skuat Timnas Basket Putra Mulai Komplet Berlatih

Kamis 13 Jun 2019 14:49 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Skuat timnas basket putra berfoto bersama tim pelatih dan manajer di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro.

Skuat timnas basket putra berfoto bersama tim pelatih dan manajer di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro.

Foto: DOK ADHYN17
Pelatihan dengan personel lengkap baru bisa terlaksana pada Kamis (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai liburan puasa dan Lebaran, timnas basket putra yang dipersiapkan menuju SEA Games 2019 mulai berlatih sejak Senin (10/6) kemarin. Namun, pelatihan dengan personel lengkap baru bisa terlaksana pada Kamis (13/6) di Gelanggang Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan, Jakarta.

"Hari ini semua 16 pemain sudah ikut berlatih. Termasuk David Liberty Nuban yang menggantikan Arki Dikania Wisnu yang cedera. Hari ini juga latihan sudah mulai lebih berat dibanding tiga hari sebelumnya," ujar Mocha sapaan akrab Fareza Tamrella di lapangan GMSB. 

Mocha menambahkan, perkembangan tiga hari latihan sudah disampaikan pelatih Wahyu Widayat Jati. Mulai dari pemain yang belum 100 persen fit, ada yang kelebihan berat badan, dan kekuatan yang belum maksimal. Tes fisik yang digelar hasilnya memang jauh di bawah harapan.

Baca Juga

"Ini hari pertama sesi penguatan, 90 menit penguatannya, ada empat pemain dibawah harapan. Sedangkan dua pemain Arki dan Adi sudah diganti. Saat ini sudah lengkap 16 pemain" jelasnya.

Pantauan Republika.co.id, hanya Hardianus Lakudu yang lebih banyak berlatih seorang diri di pinggir lapangan. Ia masih dalam penyembuhan cedera jempol kiri. Sisanya 15 pemain berlatih di bawah komando Wahyu dan dua asisten pelatih, Johanis Winar serta AF Rinaldo.

Selain 16 pemain yang saat ini tengah menjalani pelatnas, timnas juga berharap dapat tambahan pemain naturalisasi. Sejauh ini, pemain asing yang mengantarkan CLS Knights juara ABL Maxie Esho, diharapkan bisa bergabung bersama timnas 

"Untuk proses naturalisasi Maxie Esho ada titik terang, proses pengurusan naturalisasi sejak awal. Pemain dan Perbasi sudah oke. Paling cepat tiga bulan, diharapkan bulan September sudah gabung timnas," ujar Mocha 

Timnas akan mengikuti turnamen Williams Jones Cup di Taiwan pertengahan bulan Juli. Di sana, timnas tak menargetkan apa pun selain jam terbang. Sebab, peserta yang ikut juga lawan-lawan tangguh yang levelnya di atas timnas, seperti Kanada, Jepang, Korea Selatan, Yordania, Iran, Taiwan A dan B, Filipina. Rencananya, timnas akan menggunakan pemain asing CJ GIlles untuk membantu rebound. 

"Setelah itu, kita kemungkinan akan ikut turnamen di China. Kami sedang menunggu undangannya untuk turnamen yang di China," kata dia.

Berikut 16 pemain yang masuk seleksi timnas basket putra:

1. Tri Hartanto/NSH (menggantikan Adhi Pratama)

2. David Liberty Nuban/Satya Wacana (menggantikan Arki Dikania Wisnu)

3. Arif Hidayat/CLS Knights

4. Hardianus Lakudu/SM Pertamina

5. Indra Muhammad/Pacific Caesar Surabaya

6. Juan Laurent Kokodiputra/SM Pertamina

7. Kaleb Ramot Gemilang/Stapac 

8. Kelvin Sanjaya/Indonesia Warriors

9. Mei Joni/Stapac

10. Muhammad Arighi/Indonesia Warriors

11. M. Hardian Wicaksono/Pacific Caesar

12. M. Reza F. Guntara/Prawira Bandung

13. M. Rizal Falconi/SM Pertamina

14. Widyantaputra Teja/Stapac

15. Yanuar Dwi Priasmoro/Bima Perkasa Jogja.

16. Derick Michael Xzaviero (Sekolah Olahraga Ragunan)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA