Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

KTNA Dukung Kementerian Pertanian Wujudkan Lumbung Pangan

Rabu 12 Jun 2019 19:18 WIB

Red: EH Ismail

Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama jajarannya menghadiri halal bi halal di Jakarta

Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama jajarannya menghadiri halal bi halal di Jakarta

Foto: Humas Kementan
Keberhasilan program dan kebijakan pertanian terlihat dari banyak capaian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Winarno Tohir memberikan apresiasi setinggi – tingginya kepada Andi Amran Sulaiman. Menteri Pertanian ini dinilai telah bekerja keras, berjuang demi kepentingan petani dan berhasil mewujudkan berbagai capaian di sektor pertanian.

Kementerian Pertanian terus berusaha mencapai target Indonesia Lumbung Pangan 2045.  Selama empat tahun setengah ini, tahapannya menjadi sangat jelas dan nyata. 

“Kita harus terus mendukung pemerintah untuk mewujudkan cita-cita besar itu,” ungkap Winarno di sela – sela Halal Bihalal Keluarga Besar Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) di Kantor Pusat Kementerian Pertanian – Jakarta pada Rabu (12/6).

Keberhasilan program dan kebijakan pertanian terlihat dari banyak capaian. Seperti peningkatan produksi per hektare dan program terobosan seperti #Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani).

“Program serasi inilah yang memberikan harapan besar untuk mencapai Indonesia Lumbung Pangan Dunia, ditambah lagi dengan kinerja yang begitu baik, terbukti dengan capaian WTP tiga kali berturut – turut dan penghargaan anti grativikasi dari KPK” ungkap Winarno.

Inflasi

photo

Ketua KTNA Winarno Tohir

Terkait inflasi, Winarno yang telah menjadi Ketua KTNA sejak Tahun 2009 hingga sekarang, menegaskan baik inflasi umum maupun pangan pada masa Jokowi – JK mengalami penurunan yang paling terendah.

 “Inflasi pangan itu jelas sangat turun drastis, inflasi umum pun saya hitung itu jelas turun di masa Jokowi, karna saya berkepentingan ikut menghitung untuk penetapan HPP, yang biasanya rata – rata 6 sekarang ini rata – rata 3 untuk inflasi umum, ini satu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya, ini inflasi terendah” tutur Winarno.

Lebih lanjut Winarno mengungkapkan Amran yang dikenalnya sebagai pejuang yang berani menghadapi segala resikonya dalam melindungi petani, merupakan sosok Menteri Pertanian yang paling tepat menjadi pemimpin di pertanian.Winarno juga menambahkan berbagai kebijakan dan program yang Amran lahirkan selama ini, sangat dirasakan manfaatnya oleh petani seluruh Indonesia.

“Tadi saya sampaikan ke Pak Amran langsung, saya minta pak amran berkenan lanjut menjadi Menteri pertanian periode berikutnya. Petani merasakan sekali adanya peningkatan, bagi kami petani merasa sangat terlindungi,  Makanya saya menyebut pak amran ini, Menteri pejuang yang banyak melindungi petani, dengan segala resiko dan keberaniannya” tutup Winarno.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA