Total 5.000 Mobil Pemudik Masuk Jakarta Hari ini

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nashih Nashrullah

 Selasa 11 Jun 2019 20:20 WIB

Kendaraan melintasi Tol Karawang Barat, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Korlantas Polri terus memberlakukan sistem satu arah atau Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga Kendaraan melintasi Tol Karawang Barat, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Korlantas Polri terus memberlakukan sistem satu arah atau "one way" ke arah Jakarta selama arus balik Lebaran 2019 mulai dari KM 414 Ungaran, Jawa Tengah hingga KM 29 Cikarang, Jawa Barat untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik.

5.000 mobil pemudik tersebut memasuki wilayah Jabodetak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Posko Mudik Nasional Kementerian Perhubungan mencatat bahwa sejak Selasa (11/6) pagi tadi sudah ada lima ribu mobil yang masuk ke Jakarta. Kendaraan tersebut akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, (Jabodetabek) pada arus balik H+6 Lebaran.

Baca Juga

 "Total hingga pagi ini ada 5.245 mobil yang masuk," Kepala Posko Harian Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Endi Suprasetio, Selasa (11/6).

Dia menjelaskan ribuan kendaraan itu masuk dari sejumlah titik seperti Merak, Sadang, Balonggandu, dan Rancaekek. Kendati demikian angka itu mengalami penurunan dibandingkan dua hari sebelumnya. 

"Pada puncak arus mudik, Ahad 9 Juni itu yang masuk mencapai 92.732 kendaraan roda empat," ujarnya.

Penurunan kendaraan pada arus balik telah mencapai 47 persen. Meski begitu, pihaknya mencatat kendaraan roda empat yang keluar dari Jabodetabek pada hari ini justru lebih banyak ketimbang yang masuk. "Yang keluar dari Jabodetabek ada 5.496 untuk hari ini," kata dia.

Pada masa arus mudik yang berlangsung hingga 6 Juni Kemenhub mencatat ada 396.115 kendaraan roda empat yang meninggalkan Jabodetabek. Jumlah itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Kalau kita bandingkan tahun lalu, 2018 pemudik kendaraan roda empat itu hanya di angka 273.252," kata dia.  

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X