Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

 

Pemudik Motor Masih Berdatangan ke Arah Jakarta

Selasa 11 Jun 2019 11:20 WIB

Rep: Intran Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah

Pemudik sepeda motor melintasi Jalan Raya Pantura, Cirebon, Jawa Barat (ilustrasi)

Pemudik sepeda motor melintasi Jalan Raya Pantura, Cirebon, Jawa Barat (ilustrasi)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ribuan motor terpantau masuk dari Merak, Sadang, Balonggandu, dan Rancaekek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki hari keenam lebaran, arus balik masih terasa di beberapa ruas jalan. Di jalur non tol, kendaraan roda dua terutama terpantau masih memadati jalanan untuk menuju ke arah Jakarta.

Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran I Nyoman Sukayadnya menjelaskan ribuan motor terpantau masuk dari sejumlah titik. Di antaranya Merak, Sadang, Balonggandu, dan Rancaekek. Para pemotor ini rata rata memiliki tujuan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Baca Juga

"Terpantau memang masih banyak kendaraan roda dua yang masuk ke Jakarta. Terpantau di beberapa titik para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua," ujar Sukayadnya di Posko Kementerian Perhubungan, Selasa (11/6).

Namun jika dibandingkan pada puncak arus balik pada Ahad (9/6) kemarin, jumlah motor yang memasuki Jakarta sudah mengalami penurunan. Tercatat pada puncak arus balik kemarin kendaraan motor mencapai 83.645 kendaraan.

Ia mencatat penurunan arus balik telah mencapai 27 persen. Meskipun begitu, pihaknya mencatat masih ada kendaraan roda dua yang meninggalkan Jabodetabek. "Yang keluar dari Jabodetabek ada 2.695 untuk hari ini," kata Sukayadnya.

Pada masa arus mudik yang berlangsung hingga 6 Juni, Kemenhub mencatat ada 745.431 kendaraan roda dua yang meninggalkan Jabodetabek. Jumlah itu menurun dari tahun sebelumnya. "Kalau kita bandingkan tahun lalu, 2018 pemudik kendaraan roda dua itu mencapai 780.667," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA