Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

 

Selama Lebaran, PT KAI Angkut 6,4 Juta Penumpang

Senin 10 Jun 2019 17:56 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Gita Amanda

Arus Mudik dan Arus balik mudik Stasiun Senen. Sejumlah pemudik turun dari kereta api Bogowonto Lempuyangan-Pasar Senen di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jum’at (7/6).

Arus Mudik dan Arus balik mudik Stasiun Senen. Sejumlah pemudik turun dari kereta api Bogowonto Lempuyangan-Pasar Senen di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jum’at (7/6).

Foto: Fakhri Hermansyah
Dibanding tahun lalu jumlah penumpang kereta tahun ini meningkat empat persen.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi Kereta Api (KA) selama masa angkutan lebaran, mencapai jutaan orang. Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menyebutkan, jumlah penumpang yang diangkut moda transportasi KA selama masa angkutan lebaran hingga Senin (10/6) ini, tercatat mencapai 6.449.172 penumpang.

''Bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2018 silam, jumlah penumpang yang menumpang KA pada masa angkutan lebaran 2019 ini mengalami peningkatan empat persen. Pada tahun lalu, jumlah penumpang yang diangkut tercatat 6.236.227 penumpang,'' jelas Edi, saat melakukan sidak di stasiun Purwokerto, Senin (10/6).

Meski demikian dia menyebutkan, jumlah jumlah penumpang yang terangkut KA selama masa lebaran ini, terbagi dalam dua kelompok. Yakni, penumpang yang memanfaatkan KA jarak jauh dan KA lokal.

Khusus penumpang yang menggunakan angkutan KA jarak jauh, menurut Edy, berjumlah 3.535.916 penumpang. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 6 persen, dibanding periode yang sama pada tahun lalu yang tercatat sebanyak 3.316.224 penumpang.

Kenaikan jumlah penumpang KA dibanding tahun lalu ini, sejalan dengan penambahan jumlah KA penumpang yang dioperasikan. Bila pada masa angkutan lebaran tahun 2018 lalu ada 393 KA yang dioperasikan, maka pada tahun 2019 ini bertambah menjadi 406 KA.

Dalam kesempatan sidak di Stasiun Purwokerto, Edi menyatakan masa angkutan lebaran 2019 yang sudah dimulai sejak 26 Mei lalu, baru akan berakhir 16 Juni 2019. Untuk itu, seluruh SDM yang ada di PT KAI tetap dikerahkan untuk kelancaran dan suksesnya angkutan lebaran.

Untuk itu, dia meminta seluruh karyawan PT KAI dan juga unsur TNI-Polri yang berada di stasiun, untuk tetap semangat memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan KA. ''Saya minta setiap yang bertugas untuk tetap semangat bertugas di posko lebaran, serta jaga kesehatan,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Edi juga membagi-bagikan bingkisan kepada petugas di stasiun seperti pada petugas PPKA, security, portier serta cleaning service. Selain itu, Edi juga meresmikan secara sombolis renovasi klinik kesehatan PT KAI di stasiun Kroya, peresmian renovasi ruang posko stasiun Purwokerto, serta penyerahan satu unit mobil ambulans bantuan CSR PT KAI kepada Yayasan Al Ma'wa Cilacap.

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mencegah Teror Dengan Ruang Pamer

Sabtu , 16 Nov 2019, 17:03 WIB