Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Air Asia Perth-Lombok Diyakini Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Senin 10 Jun 2019 13:15 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Muhammad Hafil

Pesawat Air Asia

Pesawat Air Asia

Foto: Reuters
Air Asia menawarkan pelayanan tarif murah.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah optimistis penerbangan Air Asia untuk rute Perth, Australia-Lombok akan mendongkrak sektor pariwisata. Rohmi mengatakan keyakinannya didasari atas antusiasme masyarakat Australia terhadap potensi keindahan alam dan segudang destinasi wisata yang ada di NTB. Selain itu, lanjut Rohmi, harga tiket pesawat Air Asia rute Australia-Lombok dinilai relatif terjangkau.

Baca Juga

Air Asia rute ini secara resmi beroperasi ditandai dengan pendaratan perdana di Bandara Internasional Lombok (BIL), Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Ahad (9/6) malam.

"Optimisme mengenai akan ramainya rute penerbangan ini juga ditunjang dengan tarif penerbangan yang dinilai cukup terjangkau," ujar Rohmi usai mendarat dengan penerbangan perdana Air Asia Perth-Lombok di BIL, Lombok Tengah, NTB, Ahad (9/6) malam.

Rohmi mengatakan, Air Asia menawarkan kesempatan penumpang menikmati tarif murah untuk perjalanan mulai 9 Juni hingga 26 Oktober 2019 dengan harga mulai dari Rp 599 ribu.

Rohmi menilai kehadiran rute Australia-Lombok dengan harga relatif terjangkau menjadi angin segar bagi sektor pariwisata yang tengah melesu akibat tingginya tarif tiket pesawat untuk rute domestik. Rohmi berharap persoalan tingginya harga tiket pesawat yang terjadi saat ini bisa segera tuntas seiring adanya serangkaian kebijakan yang diambil pemerintah.

"Mudah-mudahan harga tiket ini tidak menjadi isu lagi karena kan sedang dibenahi juga oleh pemerintah," kata Rohmi.

Pembukaan rute penerbangan Air Asia yang menghubungkan Lombok dan Australia ini didahului dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Dirut PT Indonesia Air Asia Dendy Kurniawan dengan Gubernur NTB Zulkieflimansyah di kantor Air Asia di Tangerang, Banten, pada 14 Maret 2019.

Penerbangan Air Asia dari Lombok ke Perth beroperasi empat kali sepekan. yakni pada Senin, Rabu, Jumat, dan Ahad pada pukul 14.45 WITA dan tiba di Perth pada pukul 18.40 waktu setempat. Sementara dari Perth, Air Asia akan terbang juga empat kali sepekan, yakni Senin, Rabu, Jumat, dan Ahad pada pukul 19.30 waktu setempat dan tiba di Lombok pada pukul 23.25 WITA.

Rute Perth-Lombok semakin menambah jumlah penerbangan internasional langsung, di mana sebelumnya AirAsia juga melayani penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia; dan ada juga Silk Air dari Singapura.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA