Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Jalan Rusak, Jumlah Pengunjung Kebun Teh Tritis Anjlok

Senin 10 Jun 2019 09:20 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi kebun teh.

Ilustrasi kebun teh.

Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Jumlah pengunjung Kebuh Teh Tritis merosot drastis karena jalan akses rusak parah.

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Jumlah pengunjung Kebun Teh Tritis di Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada libur Lebaran 2019 sejak Rabu (5/6) hingga Ahad (9/6) anjlok. Salah satu peyebabnya karena jalan menuju objek wisata itu rusak parah.

Pengelola Kebun Teh Tritis, Warih, di Kulon Progo, Senin (10/6), mengatakan pada H+2 Lebaran tercatat 130 tiket terjual, H+3 ada 141 tiket, H+4 hanya 212 tiket.

"Jumlah pengunjung ke Kebun Teh Tritis dan Puncak Widosari merosot drastis karena jalan yang rusak parah," kata dia.

Ia mengatakan sebelum jalan utama menuju Kebun Teh Tritis rusak jumlah pengunjung lebih dari 1.500 orang per hari. Akan tetapi, kata dia, kunjungan pada masa liburan Lebaran tahun ini sebagai yang terparah sepanjang sejarah,

Jalan utama menuju Kebun Teh Tritis hanya bisa dilalui kendaraan roda dua, sedangkan roda empat tidak bisa masuk karena bahu jalan ambrol. "Informasinya, tahun ini jalan utama menuju Kebun Teh Tritis akan diperbaiki. Tapi hingga saat ini, jalan masih belum diperbaiki," katanya.

Di Kebun Teh Tritis, wisatawan bisa memetik daun teh dan dimasak sendiri hingga disedu. Selain itu, dari Puncak Widosari, wisatawan bisa melihat Magelang dan Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Niken Probo Laras mengakui jalan utama menuju Kebun Teh Tritis rusak parah sehingga berdampak pada penurunan kunjungan wisata di Kebun Teh Tritis dan Puncak Widosari.

"Tahun ini, jalan utama menuju Kebun Teh Tritis akan diperbaiki. Kemungkinan setelah Lebaran ini," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA