Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

 

Idul Fitri, Balawista Sukabumi Selamatkan Belasan Wisatawan

Sabtu 08 Jun 2019 20:22 WIB

Red: Christiyaningsih

Pengunjung memadati kawasan wisata pantai di selatan Kabupaten Sukabumi seperti Pantai Palabuhanratu sehari setelah lebaran Kamis (6/6).

Pengunjung memadati kawasan wisata pantai di selatan Kabupaten Sukabumi seperti Pantai Palabuhanratu sehari setelah lebaran Kamis (6/6).

Foto: dok. Balawista Palabuhanratu
Balawista Kabupaten Sukabumi hingga hari keempat Idul Fitri selamatkan 12 wisatawan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi hingga hari keempat Idul Fitri 1440 Hijriyah berhasil menyelamatkan belasan nyawa wisatawan. Para wisatawan tersebut adalah mereka yang tenggelam di beberapa titik pantai Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Hari ini atau Sabtu (8/6) kami berhasil menyelamatkan empat wisatawan yang tenggelam di Pantai Karangpapak, Kecamatan Cisolok. Sehingga dari Kamis (6/6) hingga sekarang total wisatawan yang tenggelam namun diselamatkan sebanyak 12 orang," kata Kepala Operasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom Saepuloh di Sukabumi, Sabtu (8/6).

Diharapkan pada libur Lebaran tahun ini tidak ada wisatawan yang menjadi korban jiwa akibat tenggelam atau hilang tenggelam di laut. Puncak kedatangan wisatawan terjadi Sabtu (8/6) dan untuk arus balik wisatawan diprediksi puncaknya pada Ahad (9/6).

Bahkan hingga saat ini wisatawan masih memadati pantai dan diimbau agar tidak mendekati air laut. Wisatawan yang datang ke kawasan geopark ini tidak hanya dari Sukabumi tetapi beberapa daerah lainnya seperti Jabodetabek, Bandung, Cianjur dan sekitarnya.

"Kemungkinan esok hari kepadatan wisatawan berkurang atau tidak sepadat pada hari ini karena mulai malam ini kemungkinan banyak pengunjung yang memilih kembali ke daerahnya masing-masing," kata Asep menambahkan.

Asep mengatakan pihaknya tidak akan mengendurkan pengawasan dan pemantauan. Dalam melakukan operasi ini mereka dibantu Basarnas, Sarda, Polres Sukabumi, TNI, relawan, dan potensi SAR lainnya.




Baca Juga

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA