H+2 Lebaran, Arus Balik di Stasiun Daop 3 Cirebon Melonjak

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

 Jumat 07 Jun 2019 17:31 WIB

Sejumlah penumpang kereta menunggu jemputan bus untuk diantar ke tujuan mereka di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/2). Akibat banjir luapan sungai Cisanggarung yang merendam perlintasan kereta api membuat jadwal keberangkatan kereta terganggu. Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara Sejumlah penumpang kereta menunggu jemputan bus untuk diantar ke tujuan mereka di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Jumat (23/2). Akibat banjir luapan sungai Cisanggarung yang merendam perlintasan kereta api membuat jadwal keberangkatan kereta terganggu.

Angka arus mudik ke Cirebon juga masih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Dua hari setelah lebaran Idul Fitri 2019, arus balik di stasiun-stasiun di wilayah kerja Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, langsung melonjak, Jumat (7/6). Meski demikian, arus mudik penumpang yang tiba di stasiun tersebut juga masih cukup tinggi.     

Baca Juga

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardojo, menyebutkan, pada Jumat (7/6) hingga pukul 10.00 WIB, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun-stasiun Daop 3 Cirebon telah mencapai 11.176 orang. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan sepanjang Kamis (6/6) yang mencapai 10.445 penumpang. ‘’Sampai nanti malam, data hari ini masih bisa bertambah,’’ ujar Kuswardojo, Jumat (7/6).

 Jumlah penumpang arus balik yang berangkat dari Daop 3 Cirebon itu diperkirakan akan terus tinggi sampai beberapa hari kedepan. Pasalnya, para pegawai negeri sipil akan kembali masuk kerja pada Senin (10/6). ‘’Sampai 11 Juni 2019, untuk KA keberangkatan Daop 3 Cirebon sudah terjual laris manis,’’ kata Kuswardojo.  

Sementara itu, meski arus balik tinggi, namun arus mudik penumpang yang turun di Daop 3 Cirebon juga masih tinggi. Pada Jumat (7/6) hingga pukul 10.00 WIB, jumlah penumpang yang turun di stasiun Daop 3 Cirebon mencapai 9.969 orang.  

Sedangkan sepanjang Kamis (6/6), atau hari kedua lebaran, jumlah penumpang yang turun di Daop 3 Cirebon mencapai 11.042 orang. Jumlah tersebut bahkan tertinggi sepanjang arus mudik sejak masa angkutan lebaran dimulai pada 26 Mei 2019. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X