Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

 

H+2 Siang, Pantura Brebes Arah Semarang Padat

Jumat 07 Jun 2019 15:21 WIB

Rep: Adinda Pryanka / Red: Friska Yolanda

Kondisi arus lalu lintas jalur Pantura Brebes menuju Semarang terpantau padat merayap, Jumat (7/6).

Kondisi arus lalu lintas jalur Pantura Brebes menuju Semarang terpantau padat merayap, Jumat (7/6).

Foto: Republika/Adinda Pryanka
Kepadatan terjadi karena banyak kendaraan yang dialihkan dari tol ke jalur Pantura.

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Arus lalu lintas jalur Pantai Utara (Pantura) di Brebes yang mengarah ke Semarang terpantau padat merayap pada dua hari setelah Lebaran, Jumat (7/6) siang. Kepadatan mulai terlihat pada pertigaan pintu keluar Gerbang Tol (GT) Brebes Barat hingga alun-alun Kota Brebes. 

Menurut pantauan Republika.co.id, kepadatan terjadi karena banyaknya kendaraan yang dialihkan dari Tol Trans Jawa ke jalur Pantura. Mereka adalah kendaraan dari arah Barat, seperti Jakarta dan Cirebon, yang mengarah ke Timur, termasuk Semarang hingga Surabaya. Mereka 'dikeluarkan' melalui GT Brebes Barat. 

Baca Juga

Selain itu, terdapat bus mogok di dekat SPBU Jalan Raya Klampok. Bus tersebut berada di lajur kiri jalan, membuat arus lalu lintas tersendat karena banyak kendaraan harus berpindah ke lajur kanan. 

Kepadatan juga terlihat di dalam area SPBU. Antrian kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar mobil dengan Pertalite mencapai enam hingga tujuh kendaraan. Sedangkan, jumlah antrian di lajur Pertamax terbilang lebih sepi.

Di jalur Pantura, jalanan didominasi dengan kendaraan dengan plat dari Jakarta, Bandung dan Semarang.  Bus kota dengan plat G (Brebes dan sekitarnya) juga kerap terlihat. Rata-rata kecepatan kendaraan hanya maksimal 10 kilometer per jam, kecuali motor yang dapat menyalip di sisi kiri lajur. 

Kepadatan mulai terurai ketika memasuki Jalan Ahmad Yani, tepatnya setelah melalui Pasar Induk Brebes. Aktivitas masyarakat di sekitar pasar, terutama yang menyeberang, menimbulkan arus lalu lintas tersendat. 

Kondisi berbeda tampak dari jalur sebaliknya atau yang mengarah ke Jakarta. Kendaraan mobil dapat melaju dengan kecepatan 40 sampai 60 kilometer per jam. Keramaian hanya terlihat di beberapa toko penjualan oleh-oleh telur asin dan alun-alun Brebes. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES