Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

 

H+2 Lebaran, Jalur Cadas Pangeran Sumedang Ramai Lancar

Jumat 07 Jun 2019 15:12 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nashih Nashrullah

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di ruas Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Sabtu (1/6).

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di ruas Jalan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Sabtu (1/6).

Foto: Abdan Syakura
Jalur Cadas Pangeran Sumedang didominasi kendaraan pribadi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG— Memasuki hari kedua pasca-Lebaran 2019 atau Jumat (7/6), arus lalu lintas di jalur Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, terlihat ramai lancar. Kepadatan kendaraan hanya terlihat di beberapa titik saja.  

Baca Juga

Arus lalu lintas terpantau ramai, baik dari arah Bandung menuju Cirebon maupun sebaliknya yang didominasi kendaraan pribadi berpelat nomor luar kota. Selain kendaraan roda empat, sepeda motor pun mulai ramai melintasi jalur Cadas Pangeran, terutama dari arah Cirebon menuju Bandung. 

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, kepadatan lalu lintas terpantau di sejumlah titik, seperti SPBU di kawasan Patung Kuda dan SPBU di kawasan Ciherang, Kabupaten Sumedang. Kedua SPBU itu pun tampak ramai dipenuhi kendaraan yang hendak mengisi bahan bakar.

Kepadatan lalu lintas, kembali terlihat di pintu masuk jalur Cadas Pangeran (Patung Deandles). Bahkan, laju kendaraan yang mengarah ke Bandung tampak tersendat dan hanya bisa berjalan pelan. Hingga pukul 11.00 WIB, belum terlihat tanda-tanda kemacetan di kawasan rawan longsor tersebut. 

Menurut salah satu pemudik, Nani Rahmawati (31 tahun), sepanjang perjalanannya, arus lalu lintas ramai lancar. Dia dan keluarganya mengaku memulai perjalanan dari rumah orang tuanya sekitar pukul 08.00 WIB dan tiba di kawasan Cadas Pangeran pukul 10.30 WIB. "Alhamdulillah cukup lancar, enggak ada macet. Cuma sesekali tersendat," kata Nani.

Nani mengatakan, dia akan kembali ke rumahnya di kawasan Arcamanik, Kota Bandung itu, sengaja memulai perjalanan pagi hari dengan harapan tidak terjebak kemacetan. Terlebih, masih banyak masyarakat yang hendak bersilaturahim dengan sanak keluarganya maupun berwisata. "Iya, sengaja kita milih pagi, biar enggak kena macet, kan masih banyak yang silaturahim," kata Nani 

Menurut Nani, dia memilih pulang dari Sumedang lebih awal karena hendak bersilaturahim dengan keluarga suaminya di Kota Bandung.  

Perlu diketahui, arus lalu lintas yang cukup lancar di jalur Cadas Pangeran tersebut membuat pengguna jalan cukup leluasa melintasi jalur tersebut. Bahkan, puluhan pengendara sepeda motor terlihat beristirahat di bahu jalan Cadas Pangeran sambil menikmati kopi dan udara segar Cadas Pangeran  

Sementara, di wilayah Kota Bandung, jalanan terlihat lancar. Hanya di Kawasan Factory outlet (FO) terlihat jalannya sedikit macet. Misalnya, di sepanjang Jalan Riau, banyak mobil berflat B, terlihat antre memasuki FO. Selain di Jalan Riau, kemacetan pun terlihat di sepanjang jalan kawasan wisata. Di antaranya, di Jalan Tamansari yang terdapat Kebun Binatang, Jalan Cihampelas dan Jalan Setiabudi sampai Lembang. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA