Libur Lebaran, TMII Targetkan 500 Ribu Pengunjung

Rep: Muhammad Tiarso Baharizqi/ Red: Hasanul Rizqa

 Rabu 05 Jun 2019 13:45 WIB

Pengujung melihat lukisan kaligrafi yang dipamerkan pada Festival Seni Kaligrafi Islam Indonesia di Gedung Bayt Al-Quran TMII, Jakarta, Senin (14/1). Foto: Republika/Putra M. Akbar Pengujung melihat lukisan kaligrafi yang dipamerkan pada Festival Seni Kaligrafi Islam Indonesia di Gedung Bayt Al-Quran TMII, Jakarta, Senin (14/1).

TMII usung tema, Lebaran di Taman Mini Serasa Pulang Kampung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menargetkan 500 ribu orang pengunjung pada musim libur Lebaran tahun ini. Hal itu disampaikan Manager Marketing TMII, Dwi Atmojo. "Kita rencananya dari tanggal 5-23 Juni mencapai 500 ribu pengunjung. Tahun lalu, kita 400 ribu pengunjung dan tercapai. Kita berharap libur Lebaran tahun ini (target) bisa tercapai," ujar Dwi kepada Republika.co.id,  Rabu (5/6).

Baca Juga

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan, lonjakan jumlah pengunjung TMII pada hari pertama libur Lebaran kemungkinan tidak akan terlalu besar. Sebab, masih banyak orang yang lebih memilih menghabiskan waktu dengan silaturahim bersama keluarga. Menurutnya, kemungkinan besar lonjakan demikian akan terjadi pada H+2 Hari Raya Idul Fitri.

"Biasanya hari kedua hingga hari kelima setelah lebaran pengunjung akan banyak yang datang ke Taman Mini," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, Dwi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Kepolisian dan Satpol PP. Hal ini ditujukan agar para pengunjung bisa merasa aman dan nyaman saat mengunjungi destinasi wisata yang dibuka sejak 1975 itu.

Selain itu, pihaknya juga membuat tema yang bernuansa mudik. Harapannya, TMII dapat mengobati rasa rindu warga yang tak sempat mudik ke kampung halaman.

"Rencananya akan ada pekan lebaran yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-23 juni. Temanya adalah 'Lebaran di Taman Mini Serasa Pulang Kampung,'" kata dia.

Dwi menambahkan,  di TMII terdapat pelbagai wahana dan wisata edukatif. Misalnya, rumah adat, teater, museum dan rumah ibadah. Pekan lebaran ini juga akan menyuguhkan beragam acara musik, kesenian budaya, dan kuliner khas nusantara.

"Nanti akan ada panggung musik dengan beragam genre dari mulai musik daerah, dangdut, pop hingga jazz. Jadi tidak hanya wisata edukatif saja tetapi juga sebagai obat rindu bagi masyarakat yang tak mudik ke kampung halaman," papar dia.

Berdasarkan pantauan di lokasi hari ini, pengunjung sudah mulai berdatangan sejak pagi setelah pelaksanaan Shalat Id. Harga tiket pada pekan Lebaran ini mengalami peningkatan, dari yang sebelumnya Rp 20 ribu per orang kini menjadi Rp 25 ribu per orang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X