Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

 

3 Juta Orang Hadiri Khatam Alquran di Makkah dan Madinah

Senin 03 Jun 2019 22:20 WIB

Rep: Rossi Handayani / Red: Ani Nursalikah

Suasana Masjid al-Haram di Makkah dipenuhi jamaah.

Suasana Masjid al-Haram di Makkah dipenuhi jamaah.

Foto: Reuters
Masjid al-Haram penuh sesak dengan jamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Lebih dari tiga juta jamaah, termasuk jamaah umrah, menghadiri doa khatam Alquran pada Ahad (2/6), malam ke-29 bulan suci Ramadhan di masjid-masjid di Makkah dan Madinah.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Senin (3/6), Ketua Kepresidenan Dua Masjid Suci Sheikh Abdurahman Al-Sudais, memimpin doa di Masjid al-Haram. Jumlah jamaah di Masjid al-Haram mencapai lebih dari dua juta orang.

Masjid penuh sesak dengan jamaah. Jamaah juga memenuhi halaman serta jalan-jalan di sekitarnya. Umat ​mengalami saat-saat spiritual dalam suasana ketenangan, ketenteraman, kedamaian, dan keamanan yang disediakan oleh otoritas Saudi.

Di Masjid al-Haram, jamaah berada dalam pengawasan langsung dari Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman, dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman. Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal dan Wakil Gubernur Makkah Pangeran Badr Bin Sultan juga mengawasi langsung.

Saat memimpin shalat, Syekh Sudais memohon kepada Allah untuk mengampuni semua Muslim pada malam yang diberkati ini dan menyelamatkan mereka dari neraka. Dia berdoa untuk menjaga Kerajaan, para pemimpinnya serta semua negara Muslim dari semua kejahatan dan memberi mereka keselamatan, keamanan, dan stabilitas.

Jamaah memadati Masjid al-Haram sejak dini hari. Semua lantai dan piazza Masjid al-Haram penuh dan deretan jamaah meluas ke halaman dan jalan-jalan menuju ke sana.

Pasukan Keamanan Haram, dalam koordinasi dengan kepresidenan, mengerahkan ratusan anggotanya di sekitar 170 gerbang dan pintu menuju masjid. Semua badan keamanan berkontribusi mengatasi keramaian. Arus lalu lintas pun lancar dan tidak ada kemacetan atau kecelakaan yang dilaporkan, meskipun sejumlah besar kendaraan mulai mengalir ke kota suci dari Ahad pagi.

Lebih dari satu juta jamaah menghadiri shalat khatam Alquran di Masjid Nabawi, Madinah. Selain itu, puluhan ribu jamaah juga melakukan iktikaf di kedua Masjid Suci selama hari-hari terakhir Ramadhan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES