Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

 

Empat Festival akan Meriahkan Idul Fitri di Tanah Datar

Ahad 02 Jun 2019 23:18 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hasanul Rizqa

Idul Fitri (ilustrasi)

Idul Fitri (ilustrasi)

Foto: republika
Empat festival itu diharapkan dapat menggenjot pariwisata di Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BATUSANGKAR -- Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Tanah Datar Abdul Hakim menuturkan, empat festival akan diselenggarakan di daerah tersebut dalam rangka memeriahkan masa libur Lebaran tahun ini. Empat pesta rakyat yang dimaksud adalah Festival Takbiran, Perhelatan Paju Jawi, Pasar Van der Capellen dan Lintau Expo.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyiapkan sejumlah festival menyambut dan menyemarakkan hari raya Idul Fitri," kata Abdul, Ahad (2/6).

Baca Juga

Abdul mengatakan empat acara besar tersebut sudah empat tahun beruntun diadakan di Kabupaten Tanah Datar. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi generasi muda. Supaya para pemuda terhindar dari pergaulan yang merusak moral.

Acara festival malam takbiran akan dipusatkan di Lapangan Cindua Mato, Kota Battusangkar pada Selasa (4/6) nanti. Festival pacu jawi akan didakan pada Sabtu (8/6) di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Yakni di Kecamatan Pariangan, Rambatan, Lima Kaum dan Kecamatan Sungai Tarab.

Pacu Jawi ini merupakan pesta rakyat yang sudah populer bahkan bagi wisatawan asing. Pacu jawi diketahui merupakan olahraga balapan sapi di lumpur sawah yang hendak ditanami padi. Biasanya ajang pacu jawi ini sangat dinantikan oleh kalangan pecinta fotografi kelas nasional sampai internasional.

Pasar Van der Capellen pada lebaran Idul Fitri ini akan hadir pada hari Sabtu dan Ahad. Biasanya pasar yang terletak di halaman bekas Benteng Van der Capellen ini hanya dibuka setiap hari Ahad. Pasar Capellen ini akan menghadirkan aneka kuliner dan produk lokal Tanah Datar dan Sumbar pada umumnya. Di mana di pasar ini transaksi jual beli dilakukan dengan koin yang terbuat dari kayu.

Untuk menghibur pada perantau yang berwisata kuliner di Pasar Capellen, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Tanah Datar yang mengelola pasar ini juga menghadirkan panggung hiburan yang memeragakan kesenian silat, aneka tarian Minangkabau dan kesenian lainnya.

Untuk festival Lintau Expo ini akan dilaksanakan sejak 9 sampai 11 Juni di Kecamatan Lintau. Hampir sama dengan Pasar Capellen, Lintau Expo juga akan menghadirkan kekayaan kuliner, kesenian, pariwisata, dan produk-produk asli Tanah Datar lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES