240 Pemudik Dirawat di Posko Kesehatan Merak, 8 Sakit Berat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Hasanul Rizqa

 Ahad 02 Jun 2019 21:32 WIB

Petugas kesehatan mempersiapkan obat-obatan di Pos Kesehatan Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6). Foto: Republika/Prayogi Petugas kesehatan mempersiapkan obat-obatan di Pos Kesehatan Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6).

Sejak H-14 Lebaran, sebanyak Posko Kesehatan Pelabuhan Merak tangani 240 pemudik

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Tercatat sebanyak 240 pemudik telah dirawat di empat posko kesehatan yang terdapat di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Data itu dihimpun sejak Rabu (22/5) atau H-14 menjelang Lebaran tahun ini. Dari jumlah tersebut, ada delapan kasus yang tergolong berat sehingga pasien harus dirujuk ke fasilitas layanan kesehatan yang lebih besar.

Dari delapan kasus berat itu, enam di antaranya mengharuskan pemudik untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat. Mereka rata-rata mengeluhkan beragam gangguan, seperti di jantung, gangguan pencernaan, asma, dan kelelahan.

Adapun dua kasus berat lainnya ditangani puskesmas terdekat. Masing-masing pemudik diketahui mengalami cidera dan kontraksi kandungan.

Baca Juga

"Beberapa pemudik yang terkena gangguan kesehatan berat itu kita rujuk ke Rumah Sakit Krakatau Medika dan Puskesmas. Itu tidak dikenakan biaya atau gratis. Jadi, pemudik jangan ragu memeriksakan kondisi kesehatannya di posko kesehatan," ujar petugas di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Merak, dr Bernard Tambunan, Ahad (2/6).

Dari 240 kasus tersebut, lanjut dia, mayoritas pemudik mengeluhkan gangguan pernapasan, nyeri otot (myalgia), dan kelelahan (fatigue).

Gangguan pernapasan atau ISPA menjadi keluhan yang banyak ditangani Pos Kesehatan Pelabuhan Merak. Ada sebanyak 48 kasus demikian. Sementara itu, kasus myalgia dan fatigue dikeluhkan oleh 39 pemudik.

"Untuk infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), penanganannya dikasih obat. Jadi rawat jalan, lalu diberi masker agar tidak berdampak ke pemudik yang lain," ucapnya.

Adapun untuk myalgia dan fatigue diberi pertolongan dengan memberi vitamin dan menyarankan untuk beristirahat demi menambah kebugaran tubuh.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X