Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Rabu, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

 

Jelang Lebaran, Perajin Bunga Panen Pesanan

Ahad 02 Jun 2019 15:32 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Hasanul Rizqa

Idul Fitri (ilustrasi)

Idul Fitri (ilustrasi)

Foto: republika
Bunga hias itu jadi pilihan konsumen untuk mempercantik rumah jelang Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, LEMBANG -- Perajin bunga hias di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat panen pesanan menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini. Rata-rata para konsumen memesan bunga hias dari bahan kain bekas atau kain perca itu untuk dipajang di rumah masing-masing.

Salah seorang perajin yang kebanjiran order adalah Mimin Aminah (38). Dia mengaku banyak menerima pesanan dari tetangga dan teman-temannya via media sosial. "Mereka biasanya memesan untuk pajangan hiasan di rumah," ujarnya belum lama ini.

Baca Juga

Untuk bahan baku kain sendiri, ia mengaku memakai sisa kain yang tidak termanfaatkan dirumahnya. Kemudian untuk pot sendiri menggunakan botol bekas minuman.

Dirinya menuturkan, membuat bunga hias tersebut disela-sela menunggu berbuka puasa. Menurutnya, harga jual bunga hias berbahan kain miliknya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per pot.

"Harga bervariasi tergantung ukuran serta tingkat kesulitan pembuatannya," ungkapnya.

Hingga dua pekan lalu jelang Lebaran, Mimin mengungkapkan telah menjual 50 pot bunga. Satu pekan jelang Lebaran, dirinya dibantu keluarga tengah menuntaskan pesanan pelanggan yang rencananya akan diambil nanti jelang lebaran.

Selain bunga hias, dirinya mengungkapkan memproduksi hiasan lainnya seperti bros dan bando. Dengan memanfaatkan kain bekas yang ada di rumahnya. Semua pekerjaan yang dilakoninya sudah berlangsung kurang lebih lima bulan.

Pekerjaan sehari-hari, ia mengatakan sebagai rias pengantin dan hajatan. Menurutnya, usaha sampingan yang dilakoninya tersebut turut membantu perekonomian keluarga.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES