Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Operator Siap Hadapi Naiknya Trafik Data Saat Lebaran

Rabu 05 Jun 2019 04:16 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Tower Base Transceiver Station (BTS ) salah satu operator seluler

Tower Base Transceiver Station (BTS ) salah satu operator seluler

Foto: Antara
Operator seluler mengaku siap hadapi kenaikan trafik data saat arus mudik lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Operator seluler siap menghadapi kenaikan trafik data pada saat  arus mudik lebaran maupun pada mome hari raya Idul Fitri. Di mana diperkirakan terjadi peningkatan trafik data sekitar 15 hingga 20 persen dibandingkan kondisi biasa.

” Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi,’’ ujar Sales Area Manager Indosat Ooredoo Sukabumi, Syarif Hidayat Samsi kepada wartawan awal pekan ini. Hal ini seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran. 

Menurut Syarif, kesiapan kapasitas jaringan telekomunikasi ini juga didukung dengan penggelaran infrastruktur jaringan 4G Plus yang semakin meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat. Selain itu penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat diantisipasi.

Kesiapan kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting, dimana Indosar misalnya telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte/hari. Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15 persen hingga 20 persen.

Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS per hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang per hari. Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan untuk prediksi peningkatkan trafik yang mungkin terjadi. 

Kesiapan jaringan Indosat Ooredoo ungkap Syarif, ditunjukkan melalui kegiatan uji jaringan yang telah dilakukan di kota-kota tujuan mudik utama di seluruh Indonesia. Uji jaringan meliputi kualitas sinyal serta kecepatan akses internet atau data dilakukan di berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran, seperti stasiun, bandara, pasar, tempat-tempat wisata, dan lain-lain.

"Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik. Ia menambahkan Indosat tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA