Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

 

Diinisiasi HA IPB, 503 Mahasiswa IPB Mudik Gratis

Sabtu 01 Jun 2019 00:26 WIB

Red: Irwan Kelana

Sebanyak 503 mahasiswa IPB mendapatkan fasilitas mudik gratis.

Sebanyak 503 mahasiswa IPB mendapatkan fasilitas mudik gratis.

Foto: Dok HA IPB
Program mudik gratis diluncurkan oleh Himpunan Alumni IPB sejak tahun 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumat (31/5)  pagi merupakan hari yang menyenangkan bagi 503 orang mahasiswa IPB. Wajah mereka  berseri-seri dan penuh antusiasme   mengikuti rangkaian acara penglepasan Mudik Bareng Asyik Lancar ke berbagai kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

DPP Himpunan Alumni (HA)  IPB melanjutkan program mudik gratis yang sudah diluncurkan  sejak tahun 2018 lalu. Kali ini, HA IPB didukung penuh oleh Kementerian Perhubungan RI dengan menyediakan 12 bus  untuk mengangkut 503 orang mahasiswa yang kurang mampu dan memiliki keinginan yang sama untuk merayakan lebaran bersama orang tua tercintanya. Sebagai pelaksana teknis dalam perekruitan peserta mudik, HA IPB menggandeng BEM KM IPB dalam kepanitiaan bersama.

Ketua Panitia,  Metria Metriva mengungkapkan,  503 mahasiswa diberangkatkan menuju 30 kota tujuan antara lain ke Padang, Palembang, Tasik, Banjar, Purwokerto, Jogya, Solo, Semarang, Surabaya dan Malang. 

“Selain dukungan penyediaan bus  oleh Kemenhub RI, panitia juga menggalang donasi bingkisan lebaran sebagai tanda kasih terhadap orang tua mereka di kampung. Dana itu didonasikan oleh para sponsor dan alumni IPB yang peduli,” kata Metria dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (31/5).

Sekretaris Jendral HA IPB,  Walneg S. Jas mengatakan, program Mudik Gratis ini masuk dalam 10 Program Prioritas HA IPB yang setiap tahun dilaksanakan dan dijadikan legacy bagi kepengurusan selanjutnya. “Kami berkhidmat untuk memberikan pengabdian dan kontribusi kepada almamater, alumni dan bangsa ini,” ujarnya.

Ia menambahkan,  program mudik ini adalah salah satu bentuk pengabdian HA IPB  kepada alamamater dengan meringankan dan membahagiakan para mahasiswa IPB yang membutuhkannya. “Harapan kami, program ini akan terus dikembangkan,  minimal.1.000 mahasiswa tahun depan,” kata Walneg.

photo
Para mahasiswa IPB peserta mudik gratis dilepas di Taman Koleksi IPB Baranangsiang, Bogor, Jumat (31/5).

Hadir dalam kesempatan pelepasan di Lapangan Taman Koleksi IPB Baranangsiang selain unsur pengurus HA IPB, Direktur Multi Moda Transportasi Darat Kemenhub RI, Ahmad Yani;  Wakil Rektor III IPB, Dodik Ridho Nurahmad dan Presiden BEM KM IPB, Muhammad Nurdiansyah (Dadan).

Dalam sambutannya, Ahmad Yani mengatakan bahwa tahun ini Kemenhub RI menyediakan 1.253 bus untuk Program Mudik Asyik Lancar. Tujuan mudik seluruh kota di Pulau Jawa dan beberapa kota di Sumatera. Pelepasannya  dimulai Jumat (31/5) sampai dengan Sabtu (1/6). Para pemudik berangkat dari  berbagai lokasi antara lain IPB Bogor, Bekasi, Stadion Pakansari dan Monas (Jakarta).

Dodik Ridho Nurahcmad yang mewakili rektor IPB menyampaikan  apresiasinya kepada HA IPB yang terus konsisten berkontribusi bagi IPB dalam berbagai bentuk program termasuk mudik gratis. Dia juga menyampaikan terima kasih IPB kepada Kemenhub yang sudah memfasilitasi penyelenggaraan Mudik Gratis ini dan kepada BEM KM IPB yang telah membantu penyeleksian peserta mudik tahun ini.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES