Dinkes Depok Buka Tujuh Posko Kesehatan Selama Arus Mudik

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

 Jumat 31 May 2019 23:48 WIB

Posko kesehatan Pertamina di rest area kilometer 370. Foto: Republika TV Posko kesehatan Pertamina di rest area kilometer 370.

Dinkes Depok akan bersiaga mulai 29 Mei hingga 10 Juni 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyiapkan posko kesehatan selama arus mudik Lebaran 2019. Keberadaan fasilitas kesehatan tersebut akan ada di tujuh titik posko keamanan yang tersebar di wilayah Kota Depok.

Ketujuh posko kesehatan itu ada di Pintu Tol Cijago, Margo City, Pos Pengamanan (Pospam) Margonda, Pos Pelayanan (Posyan) Terminal Jatijajar, Simpang Sengon, Simpang Dinasty Cinere, serta Simpang Cibubur.

"Seperti tahun sebelumnya, kami bersinergi dengan Polresta Depok dengan membuka posko kesehatan saat arus mudik Lebaran," ujar Kepala Dinkes Kota Depok Novarita di Depok, Kamis (30/5).

Menurut Novarita, Dinkes Depok akan bersiaga mulai 29 Mei hingga 10 Juni 2019. Dalam pelaksanaannya, pihaknya akan mengerahkan sejumlah personel terdiri dari dokter, perawat, dan sopir mobil ambulans. "Di setiap posko akan ada ambulans yang berjaga jika terjadi hal-hal yang membutuhkan penanganan khusus," terangnya.

Novarita menambahkan, layanan kesehatan yang diberikan meliputi pengecekan para pengendara sebelum melakukan perjalanan jauh. Selain itu, ada juga pemeriksaan bagi penumpang yang mengalami gangguan kesehatan.

"Penumpang atau masyarakat yang melakukan perjalanan jauh dapat mendatangi posko kesehatan. Mereka juga bisa datang langsung ke puskesmas yang bersiaga selama 24 jam di Kota Depok," jelas Novarita.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, layanan kesehatan di Posko Arus Mudik Lebaran 2019 dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan pemudik dan pengendara sebelum pulang ke kampung halamannya. "Dengan begitu, kesehatan mereka tetap prima saat melakukan perjalanan mudik," ujarnya.

Pradi melanjutkan, pemeriksaan kesehatan di setiap posko mudik berbeda-beda. Untuk di Pos Pelayanan (Posyan) Terminal Jatijajar disediakan tes urine dan pemeriksaan screening penyakit tidak menular (PTM). Sedangkan, untuk posko lainnya hanya dilakukan pemeriksaan umum. "Terminal Jatijajar merupakan pusat mudik Lebaran di Depok, maka pemeriksaan kesehatan dikhususkan di sini. Selain pemeriksaan kami juga menyediakan obat bagi pemudik yang membutuhkan," jelasnya.

Play Podcast X