Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

Wednesday, 19 Muharram 1441 / 18 September 2019

 

255 Warga Ikut Mudik Gratis Pupuk Kujang

Jumat 31 May 2019 18:45 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Agus Yulianto

255 warga Karawang, jadi peserta mudik gratis yang diselenggarakan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC), Jumat (31/5).

255 warga Karawang, jadi peserta mudik gratis yang diselenggarakan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC), Jumat (31/5).

Foto: Foto: Ita Nina Winarsih/Republika
Mayoritas peserta mudik gratis ini, adalah warga yang tinggal di sekitaran pabrik.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) memberangkatkan 255 warga yang ikut program mudik gratis BUMN. Ratusan warga tersebut, akan di antarkan ke kampung halamannya di delapan wilayah yang ada di Jawa Barat. Adapun wilayah yang jadi tujuan mudik gratis ini, yaitu Majalengka, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Cirebon, dan Indramayu.

Ketua HUT PT Pupuk Kujang Cikampek ke 44, Tri Margono, mengatakan, program mudik gratis ini selain diinstruksikan oleh Kementerian BUMN, juga merupakan rangkaian kegiatan HUT Kujang. Adapun jumlah peserta mudik gratis ini, mencapai 255 warga. Mereka diberangkatkan dengan menggunakan enam unit bus.

"Mayoritas peserta mudik gratis ini, adalah warga yang tinggal di sekitaran pabrik. Tapi, ada juga pegawai yang statusnya tenaga harian lepas," ujar Tri, disela-sela pelepasan mudik gratis 2019, Jumat (31/5).

Sebelum berangkat ke daerah tujuan, lanjut Tri, peserta, sopir dan awak bus di periksa dulu kesehatannya. Bahkan, pihak Kujang juga mengundang tim pemeriksa dari Dishub, untuk memastikan kelaikan jalan dari armada tersebut.

Sebab, pihaknya berharap rombongan ini bisa selamat sampai tujuan masing-masing, tanpa ada hal-hal yang tak diinginkan. Dengan kata lain, keamanan dan kenyamanan pemudik ini sangat diutamakan. "Alhamdulillah, busnya laik jalan. Sopir dan pemudiknya sehat-sehat," ujar Tri.

Manajer PKBL PT Pupuk Kujang Cikampek, Ervi Bukti Bakti, mengatakan, ada peningkatan jumlah peserta mudik. Tahun kemarin, Kujang hanya memberangkatkan empat bus. Tahun ini, menjadi enam bus. Dengan begitu, peminat mudik gratis ini meningkat. "Kami berharap, mudik gratis ini bisa mengurangi beban masyarakat," ujarnya.

Secara terpisah, salah satu peserta mudik gratis, Enjang Komarudin (30 tahun), mengaku, dirinya sangat beruntung bisa terdaftar jadi peserta. Apalagi, syaratnya sangat mudih, hanya melampirkan foto copy KTP. Maka, sudah bisa berangkat ke kampung halaman secara gratis.

"Saya, mudik dengan isteri dan dua anak. Semoga tahun depan, ada lagi mudik gratis yang diselenggarakan Pupuk Kujang," ujar Enjang yang mudik ke Desa Sukajadi, Kecamatan Cisayong, Tasikmalaya ini dengan senyum semringah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES