Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Mendagri Bantah Isu Mobilisasi PNS Dukung Jokowi

Jumat 31 May 2019 13:42 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Foto: Puspen Kemendagri
Jika ada kepala daerah mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi, itu inisiatif sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, membantah sinyalemen dia melakukan mobilisasi PNS untuk mendukung capres pejawat, Joko Widodo (Jokowi). Kepala daerah yang mendukung Jokowi pun disebutnya mendeklarasikan dukungan atas inisiatif sendiri. 

Baca Juga

"Kalau ada tuduhan ke Pak Jokowi, mungkin saya sebagai Mendagri menggerakkan atau mobilisir PNS, itu secara fakta dan kenyataan bisa di lapangan bisa dicek. Sama sekali tidak ada mobilisasi," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/5).

Dia melanjutkan, jika ada kepala daerah mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi, itu atas dasar inisiatif dan kesadaran masing-masing. "Tidak pernah ada instruksi atau arahan dari pusat. Saya sebagai Mendagri menjamin bahwa kepala daerah mengikuti aturan main sebagaimana ketentuan undang-undang  yang ada, " tuturnya.  

Dia menambahkan, apapun kewenangan penyelenggaraan Pemilu ada pada KPU dan pengawasan pada Bawaslu serta DPR. "Sementara fungsi pemerintah adalah membantu sebagaimana permintaan KPU. Misalnya seperti Dukcapil maupun perbantuan daerah," ungkap Tjahjo. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA