Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Pendirian Serikat Buruh Volkswagen di AS Ditentang

Jumat 31 May 2019 11:00 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Budi Raharjo

Logo Volkswagen.

Logo Volkswagen.

Foto: EPA
Volkswagen sendiri mengatakan netral dalam isu serikat buruh.

REPUBLIKA.CO.ID, CHATTANOOGA -- Gubernur Tennessee Bill Lee menentang dorongan United Auto Workers (UAW) untuk mendirikan serikat buruh di pabrik Volkswagen. UAW serikat buruh otomotif yang mencakup seluruh negara bagian di Amerika Serikat (AS).

Pabrik di Chattanooga itu satu-satu pabrik Volkswagen di Tennessee. Pada Jumat (31/5) The Times Free Press mengutip Lee yang mengatakan bisnis rekrutmen karyawan akan terhantam dengan serikat buruh itu.

Karyawan di pabrik Chattanooga akan menggelar pemungutan suara apakah mereka ingin mendirikan serikat buruh atau tidak. Pemungutan suara ini dilakukan pada 12, 13 dan 14 Juni.

Volkswagen sendiri mengatakan netral dalam isu serikat buruh. Tapi dengan tegas menolak tawar-menawar dengan UAW setelah para pekerja pemeliharaan (maintenance) pabrik memilih memiliki serikat buruh pada tahun 2015.

Pabrik asal Jerman itu mengatakan unit perundingan juga harus memasukan pekerja produksi. Menurut UAW unit perudingan yang baru akan menentukan nasib 1.700 pekerja di pabrik itu.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA