Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

 

Transjakarta Tetap Beroperasi Saat Lebaran

Jumat 31 May 2019 00:50 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Gita Amanda

Transjakarta

Transjakarta

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Bus Transjakarta akan mulai beroperasi pukul 09.00 WIB pada hari Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta telah menyiapkan layanan untuk Hari Raya Idul Fitri baik pada malam takbiran maupun hari H Lebaran. Bus Transjakarta akan mulai beroperasi pukul 09.00 WIB pada hari Lebaran.

Baca Juga

"Pada saat Hari Raya Idul Fitri, Lebaran pertama itu jam 05.00 pagi sampai jam 09.00 layanan kami tidak sediakan," ujar Direktur Operasional Transjakarta Daud Joseph di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, hal itu lantaran untuk memberikan kesempatan pengemudi bus dan petugas Transjakarta shalat Idul Fitri. Ia menjelaskan, akan ada perpendekan rute yang juga diterapkan saat akhir pekan.

Daud mencontohkan, rute dari Bekasi hanya melayani sampai halte Cawang UKI. Dengan adanya perpendekan rute itu, bisa memangkas headway atau waktu interval antarbus

Ia menjelaskan, jumlah bus yang dioperasikan juga menyesuaikan dengan histori selama empat tahun pada Lebaran sebelumnya. Tak ada perubahan jumlah penumpang Transjakarta pada saat Lebaran dari tahun ke tahun terhadap hari kerja.

"Penumpang Lebaran itu sekitar 65 persen sampai 70 persen dari pada hari kerja,

hari H lebih kecil, lebih sedikit, nanti sudah mulai ramai hari Lebaran kedua," kata Daud.

Ia mengatakan, Lebaran hari pertama biasanya digunakan warga untuk silaturahim. Sementara pada hari kedua, masyarakat mulai berlibur. Daud mengatakan, tujuan destinasi wisata diantaranya Ragunan, Monas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Ancol.

"Contohnya kita punya rute Ciledug-Ragunan kita kategorikan luar kota, itu pada waktu hari libur apalagi Lebaran itu sangat ramai, koridor 13," jelas Daud.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES