Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Sabtu, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

 

Menuju Merak, Pemudik Motor Mulai Melintasi Tangerang

Kamis 30 Mei 2019 18:15 WIB

Red: Agung Sasongko

Pemudik motor

Pemudik motor

Foto: Antara
emudik sepeda motor berangkat memilih malam hari ketimbang siang hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemudik mengunakan sepeda motor hendak ke sejumlah kota di Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Pelabuhan Merak melintas di Kabupaten Tangerang, Banten, dominan pada malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Bambang Mardi Sentosa di Tangerang, membenarkan karena berkaitan erat dengan masalah cuaca."Dari laporan petugas di lapangan bahwa banyak pemudik sepeda motor berangkat memilih malam hari ketimbang siang karena panas," katanya.

Dia menambahkan apalagi dengan tujuan beberapa kota di Lampung, Sumsel dan Bengkulu karena ketika sampai di Pelabuhan Merak, Banten sudah tengah malam.Namun beberapa jam setelah menyeberang sampai di Bakauheni, Lampung pemudik dapat melanjutkan perjalanan karena telah istirahat dengan cukup di atas kapal feri.

Selain itu, saat ini cuaca panas sekitar 27 hingga 33 derajat celcius, maka memilih mengendarai motor malam hari adalah yang terbaik. Pemudik dari arah Jakarta dan sekitarnya menuju beberapa kota di Sumatera mengunakan sepeda motor harus melewati jalan Raya Serang, karena merupakan jalan utama selain tol.

Hal tersebut karena jalan Raya Serang merupakan jalur mudik nasional non tol yang harus dilalui pengendara dari arah Jakarta dan sekitarnya atau sebaliknya. Meski begitu, masih ada juga pemudik yang berangkat siang hari dengan alasan keamanan apalagi membawa anak dan khawatir mogok di jalan.

Pengendara sepeda motor memasang kayu atau bambu kemudian diikat pada bagian belakang kendaraan roda dua itu agar dapat membawa barang lebih banyak.Menurut dia, pihaknya bersama aparat Polresta Tangerang melakukan siaga di sejumlah posko untuk membantu kelancaran arus lalu lintas terutama di jalan Raya Serang sepanjang 32 km.

Bahkan pada posko tersebut juga terdapat petugas kesehatan dan kendaraan ambulan untuk membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan medis. Padahal sebelumnya, sejumlah pemudik dari arah Lampung mengunakan sepeda motor melintasi Kabupaten Tangerang, memanfaatkan areal SPBU setempat untuk istirahat setelah melakukan penjalanan jauh.

Padahal Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif menghimbau warga agar tidak mengunakan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman dengan alasan cuaca dan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES