Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

 

Tanah Datar Siapkan 10 Destinasi Wisata Selama Lebaran

Rabu 29 Mei 2019 12:20 WIB

Red: Muhammad Hafil

Seorang nelayan mencari ikan bilih, di tepian Danau Singkarak, Nagari Sumpur, Kec.Batipuh Selatan, Kab.Tanah Datar, Sumbar, Minggu (3/6).

Seorang nelayan mencari ikan bilih, di tepian Danau Singkarak, Nagari Sumpur, Kec.Batipuh Selatan, Kab.Tanah Datar, Sumbar, Minggu (3/6).

Foto: Antara/Iggoy el fitra
Kunjungan wisatawan ke Tanah Datar diperkirakan meningkat selama lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, menyiapkan 10 objek wisata unggulan di daerah itu untuk menyambut libur Lebaran 2019. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Abdul Hakim mengatakan 10 objek wisata tersebut adalah Istano Basa Pagaruyung, Puncak Pato, Panorama Tabek Patah, Batu Angkek-angkek Tanjung Sungayang.

Baca Juga

Selain itu, objek wisata Pemandian Aie Panas Padang Ganting, Tenun Pandai Sikek, Air Terjun Lembah Anai, Aua Sarumpun, Tanjung Mutiara Danau Singkarak, dan Nagari Tuo Pariangan.

Menurut dia, kunjungan wisatawan saat libur Lebaran ke Tanah Datar akan meningkat, terutama kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung sehingga perlu persiapan sebaik mungkin.

Ia mengatakan Dinas Parporatelah melakukan pembenahan di sejumlah destinasi unggulan itu agar para wisatawan merasa aman dan nyaman selama liburan di Tanah Datar.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) hingga pemuda setempat untuk menciptakan Sapta PesonaWisata.

Menurut dia, masalah parkir dan harga makanan yang bervariasi selama ini menjadi keluhan wisatawan ke Tanah Datar telah dibicarakan dan mendapat perhatian dari pemerintah.

"Masalah parkir telah kita tetapkan dan dibicarakan dengan pemuka masyarakat dan pemuda setempat. Begitu juga dengan harga makanan, kalau perlu kita buatkan menu harganya agar pengunjung tidak ragu atau kecewa setelah membayar," katanya.

Ia juga mengajak pihak terkait selama libur Lebaran terlibat dalam pengawasan dan ketertiban tempat-tempat wisata untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung ke Tanah Datar.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Kericuhan di Wamena

Senin , 23 Sep 2019, 20:27 WIB