Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

 

Mengemas Koper Mudik dengan Jurus Marie Kondo

Sabtu 01 Jun 2019 06:30 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Mengemas koper. (Ilustrasi)

Mengemas koper. (Ilustrasi)

Foto: Telegraph
Mengemas koper sesuai anjuran Marie Kondo dapat membuat bawaan mudik jadi ringkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi kebanyakan orang, mengepak koper adalah perjuangan. Sulit rasanya ketika harus menyesuaikan kebutuhan dengan banyaknya alternatif pakaian yang akan dibawa, sementara koper memiliki ruang yang terbatas.

Ahli beres-beres asal Jepang Marie Kondo memiliki kiat untuk mengemas isi lemari ke dalam koper dengan tepat. Tak perlu menekan-tekan koper, bahkan tak usah bersusah-payah menritsleting agar koper bisa tertutup dan dibawa untuk berpergian.

Menurut sosok yang terkenal dengan metode KonMari ini, langkah pertama dalam mengemas koper secara efisien adalah dengan menata semuanya, seperti yang dia jelaskan dalam video Apartment Therapy. Aturan umumnya, menurut Kondo, ialah mengambil apa yang benar-benar dibutuhkan atau barang-barang yang “memicu kegembiraan”.

Baca Juga

Singkirkan benda yang tak memenuhi dua kategori tersebut. Setelah itu, kelompokkan pakaian berdasarkan jenis sehingga akan memudahkan melihat apa yang dibawa.

Sekarang saatnya untuk mulai melipat dan menggulungnya. Pakaian yang dilipat secara vertikal membutuhkan lebih sedikit ruang, Kondo merekomendasikan untuk melipat pakaian sekecil mungkin.

Untuk pakaian yang tidak bisa dilipat sebab akan kusut, seperti gaun atau kemeja yang terbuat dari kain yang lebih tipis, Kondo menyarankan untuk menggulungnya. Dengan begitu, pakaian akan memakan ruang minimal juga.

Untuk pakaian dalam, Kondo menghemat ruang dengan menyelipkan celana dalam ke dalam bra. Setelah pakaian dilipat, Kondo beralih ke aksesori, kosmetik, dan barang-barang lainnya, seperti kabel pengisian daya.

Menurut Kondo, cara terbaik untuk memisahkan semuanya adalah dengan menggunakan kantong. Satu kantong untuk sepatu, satu untuk kabel, dan satu untuk make up. Hasilnya ada adalah koper yang dikemas sempurna yang bisa ditutup dengan mudah dan terlihat tertata rapi, dikutip dari Independent.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES