Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Pertamina Prediksi 400 Ribu Kendaraan Lewati Tol Trans Jawa

Senin 27 May 2019 22:46 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda

Tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa.

Foto: Antara/Siswowidodo
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut Pertamina mengoperasikan 99 SPBU di jalur tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) memprediksi akan ada 300 ribu hingga 400 ribu kendaraan yang akan melintasi Tol Trans Jawa pada musim mudik tahun ini. Direktur Marketing Retail, Pertamina, Mas'ud Khamid mengatakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut Pertamina mengoperasikan 99 SPBU di sepanjang jalur Trans Jawa.

Baca Juga

Mas'ud menjelaskan untuk keseluruhan akan ada 10,6 juta pemudik pada tahun ini. 1,4 juta masyarakat di prediksi akan melewati tol trans jawa tersebut. "Ini perlu ada antisipasi, kami menyiapkan total SPBU di kebutuhan mudk ini 800an. Delapan ratus itu yang di tol aja 99 SPBU. Total nozel ada 2.000," ujar Mas'ud di Kantor Pertamina, Senin (27/5).

Mas'ud menjelaskan dari nozel yang standby tersebut paling tidak dalam satu jam satu SPBU bisa melayani 24 ribu kendaraan. "Jadi, dalam satu jam ada 24 ribu kendaraan yang bisa dilayani. Jadi, dua kali dari kebutuhan. Personelnya 21 ribu. 200 motor. 40 di sumatera, 50 jakarta, 60 di jateng dan 50 di jatim," ujar Mas'ud.

Karena hal tersebut, Mas'ud memprediksi kenaikan konsumsi BBM saat lebaran di tol lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang sebesar 15 persen. "Persentase kenaikan BBM, proyeksi kami naik 15 persen rata-rata nasional. Tapi khusus di tol naiknya bisa sekitar 30-40 persen khusus di Jawa Tengah dibandingkan tahun lalu," ujar Mas'ud.

Dia menjelaskan beberapa faktor yang membuat pihaknya memprediksi adanya peningkatan konsumsi BBM secara signifikan.

"Karena pertama orang masuk tol tahun ini disamping mudah dan murah, orang-orang ingin punya experience baru, pemandangannya bagus, jadi tidak sekadar mudik, cepat sampai tujuan," ujarnya.

Lebih dari itu, pemudik via tol juga ingin sekaligus berekreasi karena di sekitar tol banyak tempat-tempat menarik. Itu mendorong orang yang tak berniat mudik jadi mau mudik via tol. Dengan demikian konsumsi BBM naik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA