Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

 

Sambut Musim Mudik, Pemkot Bekasi Terus Perbaiki Jalan Rusak

Kamis 23 May 2019 15:10 WIB

Rep: Febryan/ Red: Hasanul Rizqa

Perbaikan jalan menjelang mudik lebaran di Jalan Chairil Anwar,  Bekasi Timur,  Kota Bekasi, Sabtu (18/5).

Perbaikan jalan menjelang mudik lebaran di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Sabtu (18/5).

Foto: Republika/M Tiarso
Perbaikan diperkirakan tuntas pada besok, 24 Mei

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sejumlah jalur mudik Lebaran di Kota Bekasi, Jawa Barat, terus diperbaiki. Menurut pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, sejak pekan lalu terdapat kerusakan jalan sepanjang 20 km.

Adapun jalan-jalan yang mengalami kerusakan itu antara lain, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Ir Juanda, Jalan Jendral Sudirman, dan Jalan Cut Mutia. Kemudian, Jalan Mayor Hasibuan, Jalan HM Joyo Martono, Jalan Pekayon, Jalan KH Noer Alie, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Ahmad Yani.

Baca Juga

Kerusakan yang ada di tiap jalan itu hampir sama, yakni lubang di badan jalan dengan diametger rata-rata 15 cm.

Kasi Pengembangan, Pembangunan Jalan dan Jembatan pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto mengungkapkan, hampir semua ruas jalan itu telah selesai diperbaiki sejak pekan lalu. "Per hari ini, hanya tersisa dua jalan yang belum kita perbaiki. Itu jalan HM Joyo Martono dan Jalan Pekayon," kata Idi kepada Republika.co.id, Kamis (23/5).

Idi melanjutkan, dengan telah diperbaikinya 10 ruas jalan tersebut, kini kerusakan jalan hanya tersisa sepanjang 400 meter, yakni di Jalan HM Joyo Martono dan Jalan Pekayon. Masing-masing sepanjang 200 meter. "Kedua ruas jalan yang masih rusak akan kita kerjakan malam ini dan malam besok," terang Idi.

Ia pun memperkirakan, perbaikan keduanya akan tuntas pada tanggal 24 Mei ini. Jelang H-10 (26/5) Lebaran, pihaknya akan tetap melakukan perbaikan di beberapa ruas jalan yang memilki kerusakan minor. "Kalau yang dua jalan itu selesai, kita akan tetap keliling untuk perbaiki yang kecil-kecil," tutur Idi.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, seperti di Jalan Chairil Anwar yang kondisinya rusak parah sebelum memasuki bulan Ramadhan lalu, kini tampak sudah diperbaiki.

Kerusakan di sana sebelumnya sepanjang kira-kira 200 meter dan terdapat lubang yang memiliki kedalaman hingga 10 cm. Kini, jalan itu tampak telah ditambal dengan aspal curah, sehingga semua badan jalan itu bisa digunakan kembali.

Begitupun Jalan KH Noer Ali. Tampak ruas jalan utama penghubung Jakarta dengan Kota Bekasi itu sudah diperbaiki.

Namun, kata Idi, perbaikan jalan KH Noer Alie tidak dikerjakan oleh pihaknya. Perbaikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pengembang proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang berlangsung di sepanjang Jalan KH Noer Alie. "Jadi kita tidak ada menanggung biaya perbaikan karena kita sudah punya komitmen dengan PT KKDM," ujar Idi.

Idi melanjutkan, total dana untuk perbaikan semua ruas jalan yang akan digunakan sebagai jalur mudik di Kota Bekasi pada tahun ini mencapai Rp 2 miliar. "Semuanya bersumber dari APBD (Anngaran Belanja dan Pendapatan Daerag) kita," ucap dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA