Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

 

Rekomendasi Kuliner Khas Sleman untuk Pemudik Lebaran

Kamis 23 May 2019 10:50 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Penjaja makanan tradisional Gudeg di Yogyakarta.

Penjaja makanan tradisional Gudeg di Yogyakarta.

Foto: Antara
Berbagai kuliner khas Sleman siap menyambut pemudik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Berbagai kuliner khas Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut pemudik Lebaran 2019. Pemudik dapat merasakan makanan khas tradisional di wilayah setempat, baik hidangan makan berat maupun kudapan.

"Lokasi sentra kuliner tersebut juga berada tidak jauh di jalur mudik," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Kamis.

Menurut dia, kuliner khas tersebut di antaranya hidangan gudeg yogya di Sentra Gudeg Mbarek Sleman yang berada seputar Jalan Kaliurang KM. 4.5, Desa Caturtunggal, Depok, Sleman. Di sentra gudeg Mbarek ini terdapat puluhan pedagang gudeg khas Yogyakarta.

Baca Juga

"Wisatawan dapat menikmati gudeg di sejumlah warung makan, maupun bisa juga untuk oleh-oleh," katanya.

Selain gudeg, ada juga kuliner khas yang tidak kalah terkenalnya, yakni ayam goreng kalasan di jalur mudik Jalan Solo Km 14, Dusun Bendan, Tirtomartani, Kalasan.

"Di sentra Ayam Goreng Kalasan tersebut wisatawan juga dapat menikmati sajian ayam goreng dengan kremesan dan sambal khas," katanya.

Ia mengatakan, selain itu ada juga kuliner-kuliner yang telah lama menjadi makanan khas di sejumlah destinasi wisata. Di objek wisata Kaliurang, contohnya, terdapat kuliner khas seperti jadah tempe Mbah Carik' Kaliurang.

"Kemudian ada juga kuliner khas 'tongseng kopyok Mbah Ganis' di kawasan Tlogo Putri Kaliurang," katanya.

Di seputar objek wisata lereng Gunung Merapi juga terdapat warung Kopi Merapi di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan. Warung kopi ini bangunannya berlatar belakang Gunung Merapi dan menempati bangunan sisa terdampak erupsi Merapi 2010.

Di sekitar objek wisata Museum Gunungapi Merapi (MGM) terdapat makanan khas slondok renteng Kaliurang. Slondok renteng ini merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong berbentuk seperti cincin, namun dalam pengemasannya tidak menggunakan plastik melainkan direnteng dengan tali bambu.

Sudarningsih mengatakan, selain itu ada juga jajanan-jajanan legendaris seperti bacem kepala kambing di Jalan Kaliurang sekitar Pasar Kolombo, Depok, Sleman. Di jalur mudik wilayah barat terdapat kuliner khas bebek bacem Ngino yang banyak terdapat di Pasar Ngino, Desa Margoagung, Kecamatan Seyegan, Sleman.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES