Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

 

Ingin Coba Membuat Sala Lauak?

Senin 20 May 2019 16:25 WIB

Red: Indira Rezkisari

Sala Lauak

Sala Lauak

Sala Lauak dari ikan kering memiliki aroma lebih kuat.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Sala Lauak dibuat dari bahan tepung dan ikan. Reza (38), penjual Sala Lauak di Jalan Utama Kota Pekanbaru, lebih suka membuat adonan Sala Lauak dengan ikan kembung kering. Karena aroma ikan kering lebih menguat ketimbang menggunakan ikan kembung basah.

"Saya lebih memilih ikan kembung kering yang dijual di pasar, untuk sekilo harganya bisa mencapai Rp 35 ribu hingga Rp 36 ribu. Selain ikan kembung basah, bisa juga digunakan ikan tongkol atau ikan tuna basah yang harganya bisa mencapai Rp 40-an ribu per kilo itu," katanya.

Pada pembuatan sala, ikan diaduk bersama tepung beras, karena tepung ini merupakan bahan makanan yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat kita. Selain itu tepung beras mengandung protein, karbohidrat dan kalsium yang dapat menjadi bahan asupan yang terbaik untuk setiap makanan, ditambah lagi kandungan protein ikan kembung yang cukup banyak dan bergizi.

Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan mengolah ikan kembung basah atau kering sama seperti membuat gulai Asam Pedas tanpa santan. Siapkan bahan-bahan seperti tepung beras, cabai giling secukupnya, ikan kembung basah/kering, bumbu-bumbu serai, sedikit kunyit, sedikit lengkuas sedikit jahe giling, daun salam beberapa lembar, daun kunyit, dan daun jeruk, garam secukupnya serta air, bawang merah dan bawang putih dengan jumlah sesuai adonan.

Panaskan air hingga mendidik dalam kuali, kemudian baru masukkan bumbu-bumbu yang sudah disediakan tadi, bawang merah dan bawang putih. Termasuk cabai merah giling, kunyit, jahe dan lengkuas giling, berikut daun salam, daun kunyit dan daun jeruk. Kalau bisa semua bumbu digiling halus.

Setelah air adonan bumbu-bumbu tersebut mendidih masukan ikan kembung kering atau basah, masak hingga matang, sambil membuang tulang-tulang ikan kembung tersebut dari dalam kuali, sisihkan atau gunakan saringan agar masakan diperoleh bersih tanpa tulang ikan.

Langkah berikutnya adalah masukkan tepung beras ke dalam kuali dan aduk hingga air gulai ikan pedas tersebut menyatu dengan tepung, untuk bisa bisa dibuat adonan bola-bola. Setelah adonan bola-bola kecil terbentuk, maka adonan bisa segera digoreng dalam minyak yang telah dipanaskan dalam suhu tinggi.

"Angkat Sala Lauak saat sudah kering, matang, dan berwarna kuning, pindahkan ke wadah penampungan yang memiliki saringan. Jika minyaknya sudah turun, maka Sala Lauak siap disajikan. Selamat mencoba," kata Reza.



Baca Juga

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA