Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

 

Keindahan Objek Wisata Garut Siap Manjakan Pemudik

Senin 20 May 2019 15:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Foto aerial lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

Foto aerial lokasi wisata Situ Bagendit di Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Pemda Garut telah berbenah menjelang Lebaran tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bagi pemudik yang melewati jalur selatan Jawa Barat, Anda bisa mampir ke sejumlah objek wisata menarik di Kabupaten Garut, mulai dari wisata alam situ. Anda bisa mampir ke pemandian air panas, hingga pesona pemandangan alam, terlebih pemda Garut telah berbenah menjelang Lebaran tahun ini.

"Seperti Situ Cangkuang dan Bagendit, wisatawan akan dimanjakan dengan pesona alam dan budaya serta kulinernya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan.

Ia menuturkan, wisatawan yang melintasi jalur mudik di Garut dapat menikmati banyak objek wisata. Di antaranya Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang dan wisata budayanya di Kecamatan Leles.

Selanjutnya, ada objek wisata yang sudah populer yakni pemandian air panas Cipanasyang berlokasi dekat dengan kawasan perkotaan Garut di Kecamatan Tarogong Kaler. Khusus di Cipanas, pengunjung dapat memilih berbagai tempat pemandian air panas dengan pemandangan dan keindahan alam yang masih asri.

"Cipanas banyak pilihan, berendam, mandi air panas, berenang, bermain wahana air," katanya.

Pemudik dapat menyempatkan diri mampir menikmati potensi wisata Garut sembari beristirahat. Pemkab Garut juga sudah melakukan berbagaiupaya untuk membenahi objek wisatanya, termasuk memberikan pembinaan kepada masyarakat sekitaobjek dan pengelola wisata untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

"Seperti setiap tahun (melakukan pembenahan) sekarang lebih ditingkatkan," katanya.

Objek wisata lainnya yang ada di jalur mudik Garut, antara lain Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora, kemudian di jalur alternatif lintas Kamojangpemudik bisa menikmati wisata alam Kamojang. Kemudian, ada destinasi pantai di sepanjang jalan mulai dari perbatasan Kabupaten Cianjur sampai Kabupaten Tasikmalaya.

Selain menikmati keindahan wisata alam, masyarakat pemudik juga dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Garut. Misalnya, kue balok dan kue burayot yang banyak dijajakan di sepanjang jalan Kadungora-Leles dan beberapa tempat lainnya di Garut. Kuliner khas lainnya ada dodol Garut, nasi liwet, endog lewo dari Limbangan, es Goyobobdi Alun-alun Garut, soto Ahri, Chocodot yakni cokelat khas yang cukup terkenal dengan kemasannya yang menarik.

Baca Juga

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES