Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

 

ESQ Santuni 1.000 Yatim dan Dhuafa se-Jadebotabek

Ahad 19 May 2019 23:54 WIB

Red: Irwan Kelana

Pendiri ESQ, Ary Ginanjar Agustian memimpin pembacaan doa.

Pendiri ESQ, Ary Ginanjar Agustian memimpin pembacaan doa.

Foto: Dok ESQ
Acara bertajuk “1.000 Senyum Ramadhan” ini digelar rutin setiap tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – ESQ Group kembali menggelar kegiatan rutin bulan Ramadhan yaitu memberikan santunan dan zakat kepada 1.000 anak yatim dan dhuafa se-Jabodetabek. Acara ini bertajuk "1.000 Senyum Ramadhan".

“Kegiatan ini sekaligus mengawali rangkaian acara ulang tahun ESQ yang jatuh setiap tanggal 16 Mei dan akan berlangsung hingga Juli mendatang. Untuk  hari jadi ke-19, ESQ memilih tema ‘Membangun Indonesia dengan budaya nusantara yang berkarakter menuju Indonesia emas’,“ kata Made Dana Tangkas, ketua Panitia Milad ESQ, Ahad (19/5).

Ia menambahkan, acara tersebut bertujuan untuk melembutkan hati dan bentuk kepedulian yang merupakan salah satu nilai 7 Budi Utama. “ESQ mempunyai cita-cita Indonesia Emas 2020, yaitu menjadi sebuah bangsa yang berakhlak mulia dengan nilai 7 Budi Utama  yaitu jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil dan peduli,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (19/5).

Ia mengemukakan, kegiatan peduli anak yatim dan dhuafa yang diselenggarakan tidak hanya berbentuk santunan berupa uang dan bingkisan. Mereka juga mendengarkan tausiah Damai Indonesiaku dari TV One yang menampilkan  Habib Ahmad Al Kaff, Dr  (HC) Ary Ginanjar Agustian dan Ustaz Oemar Mitha. 

Tausiah bertajuk “Perbaiki Diri Dengan Sikap Tawadhu” selain dihadiri yatim dan dhuafa juga undangan lainnya seperti jajaran pengurus Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ.  Sebagai lembaga pelatihan karakter bangsa, jumlah alumni  ESQ  sudah mencapai 1,6 juta orang lebih yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Pendiri ESQ Group, Ary Ginanjar  mengatakan, lewat program peduli yatim dan dhuafa ini, anak-anak bukan hanya terbangun semangatnya untuk meraih cita-cita dan optimis terhadap masa depan, namun juga terasah karakternya.

“Bukan sebuah kebetulan,kali ini milad ke-19 ESQ jatuh di bulan suci Ramadhan. Dengan tema milad kali ini,  maka ESQ kembali ke fitrah atau ESQ back to basic. Kami akan tetap fokus yaitu membangun karakter bangsa,”  tutur Ary Ginanjar.

Dia meyakini bahwa sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum mereka mengubah jiwa mereka sendiri.  “Milad ke-19 ESQ  yang dilakukan  bersama 1.000 anak yatim dan dhuafa di Menara 165 ini selain agenda rutin tahunan ESQ, juga bentuk syukur semoga kita semua ikhlas dan dimampukan oleh Allah senantiasa untuk menunaikan zakat yang merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam,” ujarnya.

photo
Pendiri ESQ, Ary Ginanjar Agustian memotong kue milad ke-19 ESQ.

Made Dana Tangkas menyebutkan, dalam rangka memaksimalkan momentum milad ke-19 ESQ, ada beragam kegiatan yang akan digelar ESQ Group. Selain 1.000 Senyum Ramadhan, ada bersih-bersih lima masjid, Golf Charity 165, talk show dan pemilihan Duta Muda ESQ.

Di samping itu juga akan dilakukan  peresmian Desa Emas dan Industri emas serta malam puncak Milad ESQ dengan apresiasi ESQ Award bagi tokoh yang telah berkontribusi terhadap lingkungan sesuai dengan nilai 7 Budi Utama.

“ESQ telah mencanangkan tahun 2020 menjadi tonggak Indonesia bermartabat dengan menegakkan karakter 7 Budi Utama, Indonesia Sejahtera 2030 dan Indonesia Adidaya 2045. Penetapan tonggak Indonesia Emas ini penting mengingat derasnya isu revolusi industri 4.0,” kata Made Dana Tangkas.

“Oleh karena itu,  lembaga pembangunan karakter SDM yang didirikan oleh Ary Ginanjar Agustian akan terus berjuang di garis terdepan dalam menginspirasi dan menggerakkan masyarakat untuk mewujudkan Peradaban Emas,” tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES