Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Bicara dengan Hewan Peliharaan Baik untuk Kesehatan Mental

Jumat 17 May 2019 14:53 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Seorang pria dan kucing peliharaan (Ilustrasi)

Seorang pria dan kucing peliharaan (Ilustrasi)

Foto: Huffingtonpost
Meski tampak jenaka, mengajak bicara hewan peliharaan baik untuk kesehatan mental

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, coba sesekali ajak hewan kesayangan tersebut bicara. Meski tampak jenaka, berbicara dengan hewan peliharaan ternyata dapat membawa manfaat bagi kesehatan mental.

Manfaat berbicara dengan hewan peliharaan bagi kesehatan mental ini diungkap dalam studi terbaru oleh Mars Petcare dan Human Animal Bond Research Institute. Studi ini membuktikan memiliki dan berbicara dengan hewan peliharaan dapat memperbaiki kemampuan interaksi sekaligus membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan mental.

"Ketika kita berpikir tentang kesendirian, kita membutuhkan sosok yang disayangi dan hewan peliharaan memenuhi kebutuhan tersebut," ungkap manajer penelitian interaksi hewan-manusia dari Waltham Centre for Pet Nutrition di Mars Petcare, Nancy Gee, seperti dilansir Country Living.

Studi ini melibatkan 2.036 orang partisipan. Sebanyak 1.469 di antaranya memiliki hewan peliharaan. Lebih dari setengah partisipan, yaitu 54 persennya, mengatakan hewan peliharaan membantu mereka untuk terhubung lebih baik dengan orang lain.

Sebanyak 51 persen dari partisipan juga mengatakan hewan peliharaan mereka membantu mengurangi sifat pemalu. Sekitar satu dari empat pemilik hewan peliharaan juga mengaku memutuskan untuk memelihara hewan karena mereka tahu hal ini bagus untuk kesehatan mental.

Cukup banyak pula orang-orang yang berusia tua memiliki hewan peliharaan dengan tujuan kesehatan. Studi ini menunjukkan lebih dari setengah orang yang berusia 55 tahun ke atas memelihara hewan untuk memperbaiki kesehatan mereka.

Melihat besarnya manfaat yang didapatkan dari interaksi dengan hewan peliharaan, banyak orang menilai beberapa fasilitas umum memerlukan hewan peliharaan. Menurut studi ini, sekitar 73 persen partisipan menilai panti jompo dan fasilitas hidup berbantuan perlu memelihara hewan peliharaan untuk menciptakan interaksi dengan hewan peliharaan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA