Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Bus Antarkota Naik 300 Persen

Rabu 15 May 2019 09:43 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Pemudik menjaga barang mereka saat menunggu kedatangan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. ilustrasi  (Prayogi)

Pemudik menjaga barang mereka saat menunggu kedatangan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur. ilustrasi (Prayogi)

Pengguna moda transportasi kereta api meningkat 30 persen dibanding lebaran 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menjelang libur lebarang 2019, kebutuhan transportasi angkutan mudik semakin meningkat. Berbagai moda transportasi menjadi pilihan para pemudik mulai dari darat, laut hingga udara.

Melihat animo masyarakat terhadap libur lebaran tiap tahunnya, Traveloka menyediakan beragam layanan moda transportasi dalam satu platform. Berdasarkan survey internal yang dilakukan Traveloka, pengguna moda transportasi kereta api meningkat 30 persen dibandingkan lebaran tahun lalu.

“Kalau bus antarkota dibandingkan normal kita lihat sangat signifikan, bisa 300 persen. Ini fenomena yang sangat menarik. Mungkin dampak dari dinamika harga tiket pesawat dan infrastruktur yang akhir-akhir ini berkembang,” ujar Head of Growth Management Traveloka Iko Putera kepada wartawan di Jakarta, Rabu (15/5).

Menurutnya mahalnya harga tiket pesawat menyebabkan terjadinya shifting moda angkuran lebaran yang digunakan masyarakat. Alhasil tercatat ada peningkatan moda transportasi darat, seperti kereta api dan bus antarkota.

“Isu mengenai tiket pesawat. Tapi itu juga kita lihat impact ke moda transportasi darat lainnya,” ucapnya.

Harga yang terjangkau, menurut Iko, menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk lebih memilih bus antarkota. “Misalnya ke Solo naik bus harganya Rp 280ribu dibandingkan pesawat lebih mahal Rp 700 ribu. Dari Jakarta ke Yogyakarta Rp 280  ribu. Kalau pesawat bisa Rp 1 juta lebih. Mungkin karena komposisi harga tiket seperti ini mendorong animo masyarakat menggunakan bus,” ungkapnya.

Traveloka menawarkan pilihan tiket pesawat dengan tujuan ke lebih dari 200 ribu pilihan rute, kereta api ke lebih dari 9.000 kombinasi rute, bus dan travel dengan lebih dari 110 pilihan operator, rental mobil yang sudah tersedia di 36 kota di Indonesia, serta layanan antar jemput bandara yang telah tersedia di 149 bandara domestik dan luar negeri.

Diunduh lebih dari 40 juta kali, saat ini Traveloka memiliki inventori dengan lebih dari 450 ribu hotel di 100 negara serta 100 mitra maskapai. Tak hanya menawarkan lebih dari 10 produk termasuk transportasi, akomodasi, gaya hidup serta layanan  finansial, juga memberikan lebih dari 40 pilihan metode pembayaran bagi para penggunannya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA