Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Millenial Antusias Sumbang Masjid Palestina Lewat Aplikasi

Ahad 12 May 2019 12:22 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

Gubernur Ridwan Kamil memperlihatkan desain masjid pertama Indonesia di Gaza, Palestina. Desain tersebut dibuat langsung oleh Ridwan Kamil di Masjid Salman ITB, Ahad (27/1).

Gubernur Ridwan Kamil memperlihatkan desain masjid pertama Indonesia di Gaza, Palestina. Desain tersebut dibuat langsung oleh Ridwan Kamil di Masjid Salman ITB, Ahad (27/1).

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Dana yang terkumpul untuk pembangunan masjid di Palestina mencapai Rp 275 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Minat milenial dalam membantu pembangunan Masjid Syeikh Ajlin di Palestina sangat tinggi. Menurut Direktur utama Muslim App, Harry Subiantoro, tingginya antusias milenial dalam menyumbang pembangunan masjid Palestina, terlihat dari donasi yang telah terkumpul.

"Dari Januari sampai sekarang, jumlah dana yang terkumpul untuk pembangunan masjid Palestina itu hampir Rp 275 juta. Jumlah donaturnya ada 208 donatur. Ini mayoritas milenial, di atas 50 persen," ujar Harry kepada wartawan di acara Ngabuburit bersama Istri Gubernur Jabar Atalia Kamil di Hotel Four Point Dago By Sheraton, Sabtu (11/5) malam lalu.

Baca Juga

Harry mengatakan, para milenial tersebut menyumbang memang sebatas kemampuan mereka. Aplikasi Muslim App sendiri, memang memungkinkan untuk mengetahui data penyumbangnya. Termasuk, dari sisi umur.

"Kan aplikasi kami, bisa ada daftarnya siapa yang donasi dan jumlahnya. Jadi transparan. Dari sisi umur, umumnya memang milenial yang menyumbang," katanya.

Harry mengatakan, adanya aplikasi Muslim App ini, memang sangat membantu dan memudahkan milenial dalam beribadah. Bahkan, dengan adanya alat bantu ini minat kaum muda dalam beribadah jadi semakin tumbuh. Misalnya, yang tadinya shalatnya tak lengkap lima waktu menjadi bisa lengkap.

"Muslim App ini sangat membantu milenial untu beribadah. Termasuk bersedekah," kata Harry seraya mengatakan, aplikasi Muslim App terlengkap bila dibandingkan dengan aplikasi lain.

Direktur Muslim App Nurana Indah Paramita, selain fitur donasi, di aplikasi Muslim App ini terdapat beberapa fitur yakni aqiqah dan kurban online. Kemudian paket haji umrah serta GPS tracker bagi jamaah haji dan umrah. Dengan mengunduh Muslim App di smartphone ibadah diharapkan akan semakin mudah.

Dengan di selenggarakannya kegiatan penggalangan dana, kata dia, pihaknya berharap agar masyarakat Bandung pada khususnya bisa membantu meringankan beban saudara seumat. Yakni dengan melakukan donasi melalui Muslim App atau berkontribusi langsung dengan cara datang ke kegiatan ini. 

Ditempat yang sama, Istri Gubernur Jabar Atalia Praratya mengatakan, keimanan yang menguatkan semua Muslim adalah satu saudara yang harus saling membantu. Saat ini, saudara Muslim di Palestina sangat membutuhkan masjid untuk beribadah.

"Ramadhan ini moment penting, Palestina butuh bantuan jadi harus kita bantu," katanya.

Menurut Atalia, Masjid Syeikh Ajlin di Palestina di desain langsung oleh suaminya Ridwan Kamil. Selain masjid di Palestina, suaminya telah mendesain 26 masjid. Termasuk masjid di Spanyol dan Turki.

Acara ngabuburit digagas oleh Muslim App, Badan Wakaf Salman, dan Aman Palestine Indonesia ini. Selain didukung penuh oleh Bank BNI Syariah, dihadiri juga oleh para Nasabah Prioritas Bank BNI Syariah yang sangat antusias dalam acara penggalangan dana ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA