Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Pengacara Apresiasi Status Cegah Kivlan Zen Dicabut

Sabtu 11 May 2019 19:03 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Karta Raharja Ucu

Anggota Presidium Alumni 212 Mayjen TNI (purn) Kivlan Zein memaparkan penjelasan saat acara Dialog Kebangsaan Presidium Alumni 212 di Roemah Rakjat, Tebet, Jakarta, Jumat (2/3).

Anggota Presidium Alumni 212 Mayjen TNI (purn) Kivlan Zein memaparkan penjelasan saat acara Dialog Kebangsaan Presidium Alumni 212 di Roemah Rakjat, Tebet, Jakarta, Jumat (2/3).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengacara Kivlan mengapresiasi kinerja Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Status cegah bepergian ke luar negeri yang sempat menempel pada Kivlan Zen kini resmi dicabut. Pengacara Kivlan Zen, Pitra Romadhoni Nasution mengapresiasi pencabutan cegah tersebut.

“Kita mengapresiasi kinerja Polri yang telah mencabut cekalnya itu. Ini kinerja Polri yang paling baik dan terbaik, kan gitu dalam perkara ini tidak langsung memutuskan seperti itu,” kata Pitra dalam sambungan telepon, Sabtu (11/5).

Pitra mengaku kurang tahu alasan pencabutan cegah ke luar negeri tersebut. Yang pasti, kata dia, memang itulah yang seharusnya dilakukan kepolisian sejak awal.

Karena menurutnya, memang tidak perlu melakukan pencegahan terhadap kliennya sejak awal. Apalagi Kivlan tidak akan kabur apalagi melarikan diri.

Selain itu, Pitra menegaskan, laporan atas dugaan makar terhadap kliennya pun belum tentu terbukti. Bahkan karena merasa tidak melakukan perbuatan makar dan merasa nama baiknya dicemarkan, Kivlan justru melaporkan balik pelapornya, Jalaludin.

“Makanya itu yang saya bilang, hati-hati, karena belum tentu dia (Kivlan) melakukan makar, dengan laporan balik kita kan itu kan (artinya Kivlan juga membantah dituduh makar),” kata Pitra.

Sebelumnya Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi membenarkan perihal kabar pencabutan surat cegah terhadap Kivlan Zen. Kivlan Zen pun kini kembali bebas untuk bepergian ke luar negeri.

“Tadi pagi jam tiga pagi dikeluarin surat cekalnya dicabut. Sudah diterima oleh imigrasi dan dicabut imigrasi," ujar Kasubag Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando, saat dikonfirmasi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA