Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

 

Baznas Kota Padang Tetapkan Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah

Sabtu 11 May 2019 16:57 WIB

Rep: Febrian/ Red: Agung Sasongko

Zakat

Zakat

Foto: Antara
Besaran zakat fitrah dan fidyah ini berlaku bagi masjid/mushola di Kota Padang

REPUBLIKA.CO.ID,  PADANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota padang telah menetapkan harga zakat fitrah dan fidyah di lingkup Kota Padang untuk Ramadhan 1440 H ini. Baznas Kota Padang menetapkan angka ini supaya adanya keseragaman untuk pembayaran zakat dan fidyah.

Baca Juga

Melalui keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Sabtu (11/5) Ketua Baznas Kota Padang Episantoso mengatakan besaran fidyah adalah senilai Rp 45 ribu. Sementara untuk zakat fitrah beragam karena disesuaikan dengan jenis beras yang dikonsumsi sehari-hari.

“Besaran fidyah Rp 45 ribu perhari. Untuk zakat fitrah, disesuaikan dengan beras yang dikonsumsi setiap hari,” tulis Episantoso.

Baznas Kota Padang menyebutkan empat jenis beras yang pada umumnya dikonsumsi masyarakat Kota Padang. Pertama beras jenis Solok atau Sokan. Per kilo gram-nya beras Solok ini seharga RP 16 ribu. Jadinya masyarakat yang mengonsumsi beras Solok setiap hari harus membayarkan zakat senilai RP 40 ribu per orang.

Kedua adalah beras berjenis Anak Daro. Beras ini setiap kilo gram nya berharga Rp 14 ribu. Sehingga untuk zakat fitrahnya senilai Rp 37 ribu. Ada lagi beras berjenis Ir. 42.

Harga beras ini per kilo gram Rp 13.600. Jadi zakat fitrah nya senilai Rp 34 ribu. Terakhir beras Dolok atau beras Bulog. Per kilo gram seharga Rp 11 ribu. Kewajiban zakatnya hanya Rp 11 ribu per orang.

“Besaran zakat fitrah dan fidyah ini berlaku bagi masjid/mushola di Kota Padang tahun 1440 H atau 2019 M, khususnya masjid dan mushola yang sudah di SK-kan pengurus unit pelayanan zakat (UPZ) nya oleh Baznas Kota Padang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES