Sabtu 11 May 2019 10:26 WIB

Prof Rokhmin Bagikan Tips Berwirausaha Sejak Mahasiswa

Berbisnis sejak kuliah merupakan modal sukses di masa depan.

Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS.
Foto: Dok IPB
Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Guru besar IPB, Prof Dr Ir Rokhmi Dahuri MS mendorong para mahasiswa agar merintis dan menekuni dunia bisnis sedini mungkin. Ia pun memberikan tips kepada para mahasiswa agar bisa menjadi wirausahawan yang sukses.

Menurutnya, berwirausaha sejak mahasiswa akan menjadi aset sangat berharga untuk menjadi wirausahawan besar yang sukses, setelah lulus perguruan tinggi. 

“Mereka yang berwirausaha sejak mahasiswa, maka setelah lulus perguruan tinggi mereka akan memiliki pengetahuan dan penguasaan pasar, produksi, dan jaringan mitra kerja,” kata pakar kelautan dan perikanan itu saat mengisi Kuliah Kewirausahaan Pemuda bertajuk “Peluang Produk Wirausaha Muda Indonesia di Pasar Dunia”, di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Kamis (9/5).

Kuliah Kewirausahaan itu merupakan kerja sama Kemenpora dengan Universitas IPB.  Pemateri lain adalah Dr  Asrorun  Ni’am Sholeh (deputi Kemenpora)  dan Dr  Burhanuddin (dosen IPB). Kuliah Kewirausahaan itu dibuka Rektor Universitas IPB, Dr Arif Satria. Pesertanya berjumlah  250 mahasiswa dari seluruh Fakultas di IPB.

Rokhmin mengemukakan, salah satu sisi kesuksesan Nabi Muhammad SAW adalah kiprahnya sebagai seorang pedagang. “Prinsip bisnis dalam jiwa wirausaha Nabi Muhammad SAW ada empat hal, yakni integritas, loyalitas, spiritual dan professional,” papar Rokhmin yang membawakan makalah bertajuk bertajuk “Peluang Produk Wirausaha Muda Indonesia di Pasar Dunia”.

Rokhmin memberikan tips berwirausaha sejak mahasiswa, agar mampu meraih kesuksesan.  “Pilihlah  jenis usaha yang tidak terlalu mengganggu kegiatan kuliah dan prestasi akademis.  Kuncinya adalah manajemen waktu. Misalnya, perdagangan barang dan jasa, aplikasi (industri 4.0), kuliner dan lain-lain yang ditentukan atas dasar pertimbangan aspek pasar, produksi dan  modal,” paparnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement