Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wapres Argentina Lihat Hasil Kerajinan Indonesia di Smesco

Jumat 10 Mei 2019 23:32 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti menyempatkan diri mengunjungi Smesco Indonesia di sela-sela kunjungannya ke Indonesia, Jumat (10/5)

Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti menyempatkan diri mengunjungi Smesco Indonesia di sela-sela kunjungannya ke Indonesia, Jumat (10/5)

Foto: Smesco Indonesia
Wapres Argentina melihat beragam kerajinan tanah air di Smesco Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Argentina Gabriela Michetti menyempatkan diri mengunjungi Smesco Indonesia di sela-sela kunjungannya ke Indonesia. Wapres Gabriela tiba di Gedung Smesco Indonesia, Jumat (10/5) sore hari. Ikut dalam rombongan tersebut di antaranya Dubes Argentina untuk Indonesia Ricardo Bocalandro bersama pejabat diplomat Argentina lainnya.

Baca Juga

Kedatangan Wapres Gabriela beserta rombongan disambut oleh Istri Wapres Jusuf Kalla, sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Bintang Puspayoga, Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi, dan Dubes Indonesia untuk Argentina Ninik Kun Naryatie.

Emilia mengatakan kunjungan Wapres Gabriela ke Smesco Indonesia guna melihat hasil kerajinan Indonesia. Smesco yang menjadi miniatur Indonesia dalam bidang kerajinan disebut sangat memikat Wapres Gabriela saat berkunjung ke Indonesia.

“Ini merupakan kesempatan pertama bagi beliau (Wapres Gabriela) melihat Gedung Smesco Indonesia. Beliau mengatakan sangat senang melihat kerajinan Indonesia yang terdisplay di sini karena di negara mereka sendiri menemukan kerajinan khas seperti itu sangat sulit,” kata Emilia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id.

Emilia selaku tuan rumah memandu kunjungan Wapres Gabriela bersama rombongan. Ia memperkenalkan satu persatu hasil karya unggulan pengrajin dari 34 provinsi di Indonesia. Produk unggulan tersebut terpampang secara permanen di lantai dasar dan lantai 2 Gedung Smesco Indonesia.

“Dengan mengunjungi Smesco Indonesia berarti sudah berkeliling melihat produk-produk unggulan mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Sekarang kita akan menuju lokasi display produk unggulan provinsi Sumatera Barat,” ujar Emilia saat memandu.

Berbagai demo kerajinan disiapkan untuk menyambut kedatangan Wapres Gabriela bersama rombongan ke Gedung Smesco Indonesia. Antara lain demo membuat songket, membuat renda bangku, demo menyulam tangan, membatik, tenun Baduy, kerajinan perca dan kerajinan lainnya yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Beragam demo yang kita hadirkan untuk menyambut kedatangan Ibu Wapres Gabriela bersama rombongan supaya ibu bisa melihat bagaimana tahapan dan proses pembuatannya. Ini sangat menarik apalagi kalau ibu bisa ikut serta,” tambah Emilia.

Diperagakan pula demo pembuatan wire accessories berbahan dasar kawat dan batu alam Indonesia, serta demo perca yang merupakan sisa potongan kain tekstil yang disusun dan digabungkan dengan mengikuti pola berulang sehingga menghasilkan home décor yang menarik.

Demo menenun yakni proses pembuatan kain mentah yang terbuat dari benang lusi dan benang pakan juga dilakukan, berikut demo tenun baduy asal Banten yang dibuat secara turun temurun. Wapres Gabriela juga mengunjungi Paviliun Provinsi Bali, Sumsel, NTB, Kalteng, Papua, Yogyakarta, Jabar, Sulsel, Sumut, Aceh, Jatim, dan Babel.

Selain itu, Wapres Gabriela meninjau Rumah Sarung Indonesia yang merupakan koleksi sarung berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, dan meninjau fungsi layanan digital e-commerce yang ditujukan untuk mempersiapkan produk-produk UKM agar siap untuk promosi online dan e-commerce.

“Entri inventaris melalui ERP (Enterprise Resource Planning), Pemrosesan foto adalah untuk memastikan bahwa produk dapat ditampilkan secara digital guna transaksi komersial,” tukas Emilia.

Kunjungan Wapres Gabriela ke Indonesia kali ini membahas kerja sama bilteral dengan Indonesia di bidang ekonomi, pertanian, dan pertukaran Sumber Daya Manusia (SDM). Kerja sama tersebut telah dibahas bersama Wapres Jusuf Kalla di kantor Wapres sehari sebelumnya.

"Ada banyak pengusaha Argentina yang tertarik untuk menanamkan modal di Asia Tenggara khususnya di Indonesia untuk hal-hal di mana Argen memiliki keunggulan di antaranya agro industri dan industri pangan. Di sektor-sektor inilah kami memiliki keinginan," ujar Wapres Gabriela.

Ia menambahkan sektor lain yang juga di mana Argentina memiliki keunggulan ialah sektor infrastruktur. Sehingga, menurut dia, ada kemungkinan Argentina juga tertarik untuk kerja sama di bidang pembangunan sektor publik maupun sektor swasta di bidang infrastruktur.

Gabriela Michetti menuturkan pihaknya mengharapkan kesepakatan-kesepakatan dagang, investasi dan kerja sama teknik dapat segera direalisasikan. “Memang perjanjian yang ditandatangani itu penting sebagai sebuah instrumen tapi yang penting lagi ialah implementasinya," kata Wapres Gabriela.

Pemerintah Indonesia mengharapkan terjadi peningkatan hubungan dagang dengan Argentina, khususunya di sejumlah bidang yang berpotensi memberikan imbal balik perekonomian bagi kedua negara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA