Kamis 09 May 2019 18:44 WIB

Sekolah di Depok Gelar Penilaian Akhir Tahun Mulai 13 Mei

Ujian sekolah tersebut digelar serentak di seluruh jenjang SD dan SMP sederajat.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti ujian (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti ujian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menetapkan pelaksanaan penilaian akhir tahun (PAT) dimulai pada Senin 13 Mei 2019. Ujian sekolah tersebut digelar serentak di seluruh jenjang SD dan SMP sederajat di Kota Depok.

Kepala Disdik Depok Mohammad Thamrin mengatakan, PAT merupakan ujian tahunan yang diadakan sekolah di akhir semester. Untuk tahun ini, PAT dilaksanakan saat bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

"Biasanya jadwal PAT ini dilaksanakan pada pertengahan Mei. Memang antara SD dan SMP lama ujiannya tidak sama, karena berbeda jumlah mata pelajaran yang diujikan," kata Thamrin di Balai Kota Depok, Kamis (9/5).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD Disdik Depok, Sada menambahkan, untuk jenjang pendidikan SD, pelaksanaan PAT berlangsung hingga Sabtu 18 Mei 2019. "PAT diikuti para pelajar kelas I hingga V. Dalam sistem Kurikulum 2013 (Kurtilas), mata ujian di SD berdasarkan tematik," ujarnya.

Untuk kelas I hingga III, lanjut Sada, yang diujikan mulai dari tema lima hingga delapan. Adapun untuk kelas IV dan V yang diujikan dari tema enam hingga sembilan.

Masing-masing tema memuat berbagai mata pelajaran yang terintegrasi. Misalnya pada tema enam untuk kelas I terkait Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. Di dalamnya, ada pelajaran bahasa Indonesia atau matematika. "Setiap sekolah mempunyai soal yang berbeda. Namun, untuk kisi-kisinya sama karena dibuat oleh Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Kota Depok," jelas Sada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement