Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Harga Cabai Rawit di Manado Sentuh Angka Rp 100 Ribu per Kg

Kamis 09 May 2019 12:21 WIB

Red: Nidia Zuraya

Pedagang menyortir cabai rawit. ilustrasi

Pedagang menyortir cabai rawit. ilustrasi

Foto: Republika/ Wihdan
Harga normal cabai rawit di Manado berada di angka Rp 45 ribu per kg

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Harga cabai rawit pada sejumlah pasar di Kota Manado, Sulawesi Utara, pada saat bulan suci Ramadhan tahun ini terus merangkak naik. Bahkan kini harganya sudah menyentuh angka Rp 100 ribu per kilogram.

Baca Juga

"Memasuki awal puasa, harga cabai rawit di Sulawesi Utara mulai mengalami peningkatan dari kondisi normal Rp 45 ribu per kilogram, saat ini telah mencapai Rp 100 ribu per kilogram," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara, Hanny Wajong di Manado, Kamis (9/5).

Pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan baik di pedagang pengumpul, distributor, dan daerah sentra produksi. Ia mengatakan lonjakan harga cabai rawit terjadi karena stok di pedagang terus menurun, karena pasokan dari daerah sentra produksi tersendat.

Oleh karena itu, Disperindag Sulawesi Utara terus melakukan koordinasi dengan 15 kabupaten kota sehingga bisa melakukan pemantauan dengan cepat. "Jika ada tanda kekosongan semua kabupaten akan saling bantu pasok, namun tetap juga melakukan permintaan ke daerah sentra seperti Gorontalo dan Minahasa," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA