Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Kebutuhan LPG Selama Ramadhan Diperkirakan Melonjak

Kamis 09 May 2019 12:08 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Christiyaningsih

Petugas melakukan proses pengisian gas LPG ke dalam tabung Elpiji ukuran tiga kilogram di salah satu Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE).

Petugas melakukan proses pengisian gas LPG ke dalam tabung Elpiji ukuran tiga kilogram di salah satu Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE).

Foto: Adwit B Pramono/Antara
Kebutuhan LPG di Jawa Tengah dan DIY selama Ramadhan diperkirakan melonjak

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Konsumsi harian LPG baik LPG bersubsidi (PSO) maupun LPG non PSO di Jawa Tengah dan DIY diperkirakan mengalami kenaikan selama Ramadhan kali ini. Guna menjamin kebutuhan tersebut, Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) IV telah melakukan antisipasi dengan melakukan penambahan stok LPG untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY.

"Untuk LPG PSO tiga kilogram penambahan stok mencapai delapan persen dan LPG non PSO hingga tiga persen," ungkap Unit Manager Communication and CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, di Semarang pada Kamis (9/5).

Ia menjelaskan untuk kebutuhan rata- rata normal bulanan produk LPG PSO di dua wilayah kerja Pertamina MOR IV tetsebut mencapai 3.116 Metric Ton (MT). Dengan penambahan stok hingga dengan persen maka stok untuk Ramadhan ini menjadi 3.379 MT.

"Jika dirata-rata saat ini kami telah menyiapkan penambahan stok sebanyak 263 MT per hari atau setara dengan 87.667 tabung LPG tiga kilogram," ungkapnya.

Sedangkan untuk produk LPG non PSO, Pertamina MOR IV telah menambah stok harian hingga tiga persen. Dari awalnya 294 MT menjadi 303 MT atau telah dilakukan penambahan hingga sembilan MT setiap harinya.

Suplai utama pasokan LPG untuk wilayah Pertamina MOR IV selama ini berasal dari unit Refinery Unit IV Cilacap, Terminal LPG Tanjung Mas, serta dari Depot LPG Pertamina di Cilacap. Selain itu, untuk mendukung penyaluran pada masa satgas Ramadhan-Idul Fitri, Pertamina MOR IV akan menambah outlet Penjualan di beberapa SPBU dan outlet modern agar masyarakat mudah mengakses LPG.

Secara rinci Pertamina MOR IV telah menyiapkan infrastruktur yang terdiri atas 391 agen PSO, 84 agen Non PSO, dan 42.457 pangkalan LPG. Semuanya tersebar di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Upaya ini dilakukan Pertamina MOR IV untuk memastikan pelayanan penyaluran LPG di Provinsi Jawa Tengah selama bulan Ramadhan benar-benar aman untuk melayani lonjakan kebutuhan masyarakat. Andar juga menyampaikan jika masyarakat mendapati kendala atau kesulitan dalam memperoleh produk LPG baik PSO maupun non PSO Pertamina MOR IV menyediakan layanan call center yang bisa dihubungi.

"Silakan hubungi call center kami di nomor 1.500.000, nanti operator kami akan membantu untuk mengarahkan agen LPG non subsidi yang terdekat dengan lokasi untuk membantu menyuplai,” tandasnya.

Sedangkan khusus menghadapi Hari Raya Idul Fitri, Pertamina MOR IV juga akan menyiagakan tim satgas Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriyah. Satgas ini bertempat di kantor Pertamina MOR IV Jalan Pemuda No.114 Kota Semarang.

Satgas ini akan efektif bekerja mulai H-15 hingga H+15 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah. "Tim satgas Pertamina akan bertugas selama 24 jam demi memonitor dan memastikan ketersediaan energi (BBM dan LPG) di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA