Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

 

Smoothie Buah untuk Berbuka Puasa

Senin 06 May 2019 11:39 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Indira Rezkisari

Berry yogurt smoothie bowl.

Berry yogurt smoothie bowl.

Foto: dok Greenfields
Smoothie buah bisa mengembalikan energi setelah puasa seharian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak sedikit kaum hawa yang sengaja melakukan program diet sehat selama Ramadhan. Diet selama Ramadhan juga diyakini lebih ampuh untuk menurunkan berat badan, karena terbantu dengan kewajiban untuk berpuasa.

Namun, untuk memaksimalkan program diet, membuat daftar menu untuk berbuka dan sahur juga perlu. Karena jika tidak diatur, bisa jadi impian untuk mendapatkan badan ideal di hari raya nanti akan gagal total.

Biasanya, banyak yang mampu menahan lapar dari terbit fajar hingga adzan maghrib berkumandang. Tapi sangat sedikit yang mampu menahan nafsu untuk tidak menyantap terlalu banyak makanan saat berbuka, terutama gorengan, aneka es, dan makanan bersantan. Padahal makanan itu sangat berpotensi menggagalkan diet.

Walaupun begitu, diet bukan berarti melarang untuk makan enak, tapi hanya mengganti makanan enak itu dengan makanan yang lebih sehat. Jika biasanya waktu berbuka selalu diawali dengan gorengan atau kolak, maka bisa mulai menggantinya dengan segelas susu.

Mengonsumsi segelas saat berbuka mampu mengembalikan energi yang terkuras saat berpuasa seharian. Mengonsumsi segelas susu saat sahur juga dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein. Selain menyumbang asupan cairan tubuh, susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh, serta membantu memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa.

Chef Odie Djamil membagi resep kreasi susu untuk Ramadhan yanng diraciknya bersama Greenfields. Smoothie berbahan dasar buah dan bisa mengembalikan kesegaran tubuh setelah berpuasa seharian.

Bahan yang diperlukan cukup mudah, seperti berbagai jenis buah misalnya pisang dan berry yang telah dibekukan, yogurt, madu dan jus buah kesukaan. Untuk taburannya, bisa menggunakan buah, kacang atau granola, atau keju.

Cara mengolahnya, siapkan blender, masukkan madu, buah yang telah dibekukan, dan yogurt, lalu haluskan. Atur sendiri kelembutan smoothie. Jika dirasa kurang lembut, maka tambahkan kecepatan blender atau tambahkan jus buah untuk lebih melembutkan tekstur smoothie.

Setelah halus, tuangkan smoothie ke mangkuk dan mulailah berkreasi dengan aneka taburan yang sudah tersedia. Percantik tampilan smoothie dengan sedikit daun mint atau potongan buah berry. Smoothie siap disajikan untuk menemani momen berbuka.


Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES