Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

PMI Karawang Sasar Tempat Ibadah Cari Pendonor Darah

Rabu 08 Mei 2019 14:12 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah

Suasana kegiatan donor darah (ilustrasi)

Suasana kegiatan donor darah (ilustrasi)

Foto: Dok Prisma
Selama bulan puasa, masyarakat yang donor darah ke PMI mengalami penurunan.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- PMI Cabang Kabupaten Karawang, akan melakukan jemput bola untuk kegiatan donor darah. Salah satunya, menyasar jamaah yang berada di masjid-masjid besar. Mengingat, selama bulan puasa, masyarakat yang donor darah ke PMI mengalami penurunan. Sehingga, harus dilakukan terobosan untuk menutupi kebutuhan stok darah.

Baca Juga

Kasubag Pelayanan Donor PMI Kabupaten Karawang, Ujang mengatakan, selama bulan puasa ini ada perubahan aktivitas. Biasanya, petugas menunggu masyarakat untuk berdonor di unit donor darah. Tetapi, selama puasa petugas melakukan jemput bola dengan mendatangi masyarakat. "Karena, pengalaman sebelumnya, setiap bulan puasa sepi pendonor," ujar Ujang, melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/5).

Karena itu, pada bulan puasa ini pihaknya akan menyasar sejumlah masjid-masjid besar. Seperti, Masjid Agung dan Masjid Peruri. Mengingat, selama bulan puasa, kedua masjid itu sangat banyak jamaahnya.

Dengan begitu, selepas buka puasa sampai pelaksanaan shalat tarawih, petugas akan siaga di kedua masjid itu. Targetnya, ada 400 sampai 500 labu, yang bisa dikumpulkan oleh petugas.

Selain masjid, sambung Ujang, pihaknya juga akan menyasar tempat ibadah lainnya. Seperti, vihara maupun gereja. Serta, mendatangi instansi ataupun kesatuan TNI. "Kami harap, yang nonmuslim atau tidak berpuasa, bisa mendonorkan darahnya saat bulan ramadhan ini," ujar Ujang. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA